Renungan Hidup Manfaatkanlah Waktumu Sebaik-baiknya

Bismillahirahmanirahim,

mungkin kita sering mendengar bahwa waktu adalah pedang, barang siapa yang bermain-main dengan waktu maka waktu itu akan menebas diri kita atau kalau orang Eropa sana “Time is Money” waktu adalah uang barangsiapa yang menyia-yiakan waktu itu sama saja dengan membuang-buang uang.

Allah swt membuat sebuah dimensi Ruang dan Waktu agar kita bisa menggunakan nya secara maksimal dan memanfaatkan semaksimal mungkin. manusia memiliki durasi waktu nya masing – masing.

Ketika kita terlahir di dunia disitulah durasi waktu dimulai Apakah kita bisa  mempertanggung jawabkan ini?. 

saat di akhirat nanti Allah swt akan mempertanyaakan umur kita dihabiskan untuk apa, dari masa kecil,anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Jika kita menyia-nyiakan waktu, itu tanda Allah melupakan kita. ‘Arif Al Yamani berkata,

إن من إعراض الله عن العبد أن يشغله بما لا ينفعه

“Di antara tanda Allah berpaling dari seorang hamba, Allah menjadikannya sibuk dalam hal yang sia-sia.” (Hilyatul Awliya’, 10: 134).

Sepatutnya seorang muslim harus memanfaatkan waktu Sebaik – baiknya dan meninggalkan hal yang tidak baik Bagi dirinya.

Waktu itu seperti nafas yang tidak mungkin kembali lagi. ada hadits yang menerangkan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin maka itulah orang orang yang beruntung.

Imam abu Hamid Al-Ghazali Menerangkan dalam menggunakan waktu dari mulai terbitnya matahari hingga tergelincirnya matahari bisa memanfaatkan untuk salah satu diantara perkara dibawah ini.

  1. Mencari ilmu yang bermanfaat, Yaitu ilmu yang bisa menambah dan meningkatkan ketakutan kepada Allah SWT, serta bisa menambah iman dan taqwa,
  2. Berbidah dan berdzikir,
  3. Menolong Orang Lain,
  4. Bekerja mencari Nafkah.
Dan Ketahuilah juga bahwa malam dan siang itu hanya terdiri dari 24 jam , maka usahakanlah jangan sampai tertidur lebih dari 8 Jam. sebab andaikata engkau hidup berumur sampai 60 tahun. berarti engkau telah menyia-yiakan usia selama 20 tahun, sepertiga dari usiamu.

Jadi, sebenarnya membuat perayaan seperti ulang tahun itu sungguh keliru karna bahwasanya umur itu sebenarnya berkurang dan tidak bertambah, yang terpenting adalah bagaimana amal kita selama hidup ini?.

Sabda Nabi Muhammad Saw, 

“Seorang muslim (yang baik) adalah yang tangan dan lisannya tidak menyakiti orang lain”
saya sampai saat ini berpikir bahwa agama Islam itu adalah agama yang paling sempurna dan lurus, karena melakukan amar makruf nahi mungkar, menjaga persaudaraan manusia, toleransi yang tinggi, dan hukum hukum islam.


Kalau saya tepat kan pada waktu ini banyak istilah-istilah seperti rebahan, mager, atau yang lainnya yang membuang-buang waktu seorang muslim harus bisa memanfaatkan waktu agar lebih produktif dan juga lebih bermanfaat. 

Ya Allah swt berikanlah hidayah kepada  kita agar bisa memanfaatkan waktu agar menjadi lebih bermanfaat.

Sumber terkait:
https://rumaysho.com/3072-yang-ada-hanyalah-berkurangnya-umur.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top