Rekomendasi Jasa Freight Forwarding Terpercaya di Indonesia

Dalam bisnis ekspor impor atau sesederhana bisnis jual beli online, jasa logistik sangat dibutuhkan untuk distribusi suatu produk atau barang agar bisa sampai ke konsumennya. Perannya begitu penting dalam kelangsungan bisnis ini. Jasa logistik sendiri ada banyak sekali macamnya, salah satunya adalah freight forwarding.

Bagi mereka yang berkecimpung di bidang ekspor impor mungkin sudah terbiasa mendengar istilah ini. Berbeda dengan ekspedisi atau pengiriman barang biasa, freight forwarding bukan hanya melakukan kegiatan pengiriman barang saja. Jasa yang ditawarkan perusahaan freight forwarding mencakup pengurusan barang, perizinan bea cukai, surat menyurat yang dibutuhkan, penyimpanan barang, hingga penerimaan dan distribusi barang jika diperlukan.

Oleh karenanya jasa perusahaan freight forwarding lebih sering digunakan oleh klien yang cakupan pengiriman barangnya mencapai lintas batas negara. Lantas, apa saja yang dilakukan perusahaan freight forwarding? Apa keuntungan menggunakannya?

Apa Itu Freight Forwarding?

Penjelasan mengenai bisnis freight forwarding secara resmi sudah dicantumkan pada Peraturan Menteri Perhubungan atau Permenhub No. 49 tahun 2017 pada Pasal 1 ayat 15. Pada pasal tersebut dijelaskan, bahwa freight forwarding merupakan sebuah jasa pengurusan transportasi yang kegiatannya ditujukan untuk seluruh kegiatan kebutuhan pengiriman dan penerimaan barang, baik melalui darat, laut, dan udara.

Perusahaan yang menjalankan jenis ini disebut dengan freight forwarder. Dalam permenhub tersebut, sudah jelas bahwa para freight forwarder bukan hanya sekadar melakukan pengiriman dan penerimaan barang, tetapi lebih dari itu, yaitu mengurus segala kebutuhan klien untuk pengiriman dan penerimaan barang. Freight forwarder juga bertanggung jawab untuk penyimpanan barang di gudang mereka.

Setidaknya, ada sekitar 21 kegiatan yang termasuk jasa freight forwarder, di antaranya:

  • Pengukuran dimensi
  • Pemilahan barang
  • Penyimpanan barang
  • Penerimaan barang
  • Pengepakan barang
  • Perhitungan tarif biaya angkut
  • Pengurusan dokumen administrasi pengiriman
  • Penentuan rute pengiriman barang
  • Klaim asuransi pengiriman barang
  • Penerbitan dokumen pengiriman
  • Penyelesaian tagihan dan biaya lain-lain

Perusahaan freight forwarding yang profesional tentunya akan memiliki jaringan mitra dan pengalaman yang sangat baik dalam menjalankan bisnis bidang ini. Salah satu freight forwarder terbaik yang apik menjalankan tugas freight forwarding adalah Andalin.

Andalin Sebagai Jasa Freight Forwarding

Andalin merupakan salah satu perusahaan freight forwarding profesional yang namanya sudah dikenal baik di kalangan eksportir dan importir besar. Freight forwarder yang satu ini telah melayani ratusan klien dari berbagai perusahaan besar dan multinasional, di antaranya Electrolux, Wingsgroup, Hitachi, Agung Sedayu Group, dan masih banyak lagi.

Sejak didirikan pada 2016 silam hingga kini, Andalin telah melakukan ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya dengan membuka cabang di Surabaya dan Semarang. Ekspansi yang dilakukan Andalin bertujuan untuk memperluas bidang bisnisnya, sehingga layanan freight forwarding miliknya bisa dinikmati oleh lebih banyak lagi klien di kota-kota tersebut.

Ada banyak perusahaan freight forwarding di Indonesia, tetapi Andalin memang dapat diandalkan. Keunggulannya terletak pada infrastruktur logistik yang sudah berdiri kokoh meski usianya masih terbilang muda. Hal ini dapat terbentuk dari hasil kerja sama yang dilakukan Andalin bersama dengan jaringan global dan membentuk platform teknologi digital, serta tim yang memiliki pengalaman apik dalam bidang ekspor dan impor.

Jasa yang Ditawarkan Andalin

Bergerak pada bisnis jasa freight forwarding, Andalin menawarkan empat layanan unggulan, yaitu pengangkutan udara, pengangkutan laut, project shipment, dan pengurusan izin bea cukai sebagai Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK).

Perusahaan ini juga sudah berbasis teknologi, sehingga bentuk pelayanannya menjadi semakin luas. Andalin menggabungkan layanan pengiriman, bea cukai, klaim asuransi, dan yang termasuk tugas freight forwarder lainnya, hanya dalam satu platform melalui aplikasi Andalin Go. Dengan menggunakan Andalin Go, para klien dapat dengan mudah menentukan sendiri jadwal pengiriman hingga melakukan penawaran harga secara instan hanya dengan jari-jari penggunanya.

Aplikasi ini diluncurkan Andalin guna memangkas proses birokrasi logistik yang terbilang rumit, serta meningkatkan efisiensi ekspor dan impor di tanah air. Sehingga, diharapkan para klien atau pengguna platform digital milik Andalin ini dapat meningkatkan efisiensi pada bisnisnya, menghemat waktu dan tenaga, serta bisa lebih mudah menjalankan pengiriman barang ekspor maupun impor kapan dan di mana saja.

Platform digital Andalin Go bisa diunduh dengan mudah di Play Store. Kemudian, untuk melakukan pengiriman, klien bisa langsung melakukan beberapa langkah mudah berikut secara mandiri:

  1. Pengguna hanya perlu login dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui website Andalin.
  2. Untuk melakukan pengiriman barang, maka klien hanya perlu memilih opsi “request quotation”. Selanjutnya, klien bisa langsung mendapatkan harga dan menyelesaikan transaksi.
  3. Jika pengiriman sudah berjalan, maka klien bisa melakukan pemantauan secara “real time” melalui opsi “track shipment” pada aplikasi.

Para pengguna aplikasi Andalin bisa berkonsultasi secara langsung dengan tim ahli Andalin guna membicarakan teknis operasional pengiriman secara detail. Koordinasi ini bisa dilakukan melalui fitur “chat” pada aplikasi Andalin Go. Lebih jauh lagi, aplikasi Andalin Go merangkum seluruh transaksi pengiriman barang milik pelanggannya dalam satu tampilan dasbor yang bisa diakses secara mudah dari smartphone.

Dengan berbagai jasa yang ditawarkannya, sejauh ini Andalin sebagai penyedia jasa freight forwarding sudah menjangkau rute pengiriman ke lebih dari 160 negara di dunia. Rute terpopuler yang pernah dilalui berkisar antara wilayah Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Hal ini menjadikan Andalin sebagai perusahaan freight forwarding yang profesional dan terpercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top