Mencari Laptop Produktif Impian dengan ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500)

Kebutuhan laptop di zaman sekarang seperti sudah menjadi kewajiban. Mulai dari kalangan akademisi hingga para pekerja mulai membutuhkan laptop. Bagiku laptop seperti sebuah investasi produk yang terus menghasilkan return . Kalau di desaku ibaratnya punya cangkul bisa Multifungsi kegunaanya karena dapat digunakan untuk bekerja di ladang, sawah atau di kebun tetangga. Sedangkan di era modern saat ini mempunyai Laptop, kamu bisa bekerja banyak hal bahkan ribuan pekerjaan bisa kamu dapatkan.

eits..Tunggu – tunggu ribuan ? yang bener?

Tentu saja, aku tidak berbohong atau mengada-ngada . Saya buat permisalan sederhana, jika kamu punya Skill satu aja contohnya : SEO Specialist professional. Coba kamu Pikirkan dalam beberapa detik ada berapa sih potensi pekerjaan dari cabang dari skill yang kamu punya itu ?.

Kita mulai ya dalam hitungan 10 detik. coba kamu pikirkan ide apa saja jika kamu punya skill tersebut.

Ada berapa kira – kira yang kamu sebutkan? kalau disuruh aku yang menyebutkan berikut adalah beberapa cabang yang sudah saya pikirkan, antara lain:

  1. Membuat Website/Blog untuk dengan tema pendidikan
  2. Menjual jasa pembuatan Artikel ke client
  3. Membangun Startup (Perusahaan Rintisan) bidang SEO
  4. Menjual Jasa Mengecek website SEO Friendly
  5. Ikut Internship (Remote) di Perusahaan
  6. Membuat Bootcamp secara online
  7. Membuat Webinar tentang SEO
    dst

Tentu masih banyak yang belum saya sebutkan. Ini membuktikan Laptop bisa menjadi investasi untuk di era modern saat ini. Tetapi memang tentu kebutuhan laptop bagi tiap orang berbeda.

Kalau bagi mahasiswa dengan mobilitas yang tinggi karena sering berpindah – pindah tempat perkuliahan dengan memiliki laptop tipis, ringan dan powerfull pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk memiliki laptop tersebut.

Bagi seorang Atlet E-Sport memiliki laptop tipis dan ringan itu masih kurang karena bagi mereka memiliki laptop yang punya daya pacu yang lebih cepat akan menjadi prioritas utama. Bobot dari laptop Mungkin diperhitungkan tetapi tidak menjadi prioritas utama.

Sebelumnya, Perkenalkan dulu saya irhan hisyam saat ini sedang berada di semester 5 program studi sistem informasi. Saya berkuliah di Universitas Pendidikan Ganesha (Bali). Sebelum masuk perkuliahan dulu aku sempat diberi budget oleh Ayahku sekitar 6,5 Juta untuk bisa membeli laptop untuk perkuliahanku nantinya.

Awalnya sempat bingung harus memilih laptop seperti apa karena Toko yang menjual laptop cukup jauh. saya tinggal di desa wilayah kecamatan pesanggaran jarak antara rumahku dan toko jual laptop kurang lebih 33,2 Km jika dihitung hampir 1 jam. Ternyata dengan budget segitu cukup sulit untuk mencari laptop baru yang sesuai dengan keinginan spesifikasinya.

Akhirnya aku memutuskan untuk membeli laptop secara online karena mau tidak mau harus melakukan itu. saya lebih Prefer untuk memilih laptop bekas dengan spesifikasi mumpuni dikarenakan saya berkuliah di Teknik informatika yang tentu membutuhkan spesifikasi lebih tinggi.

Budget 6,5 Juta untuk membeli Laptop Bekas

Kira – Kira banyak gak sih minusnya apabila membeli secara online apalagi bekas?
Awalnya aku cek di deskripsi toko online memberikan spesifikasi yang lumayan dengan Spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor Core i5-5300U
  • RAM 8 GB
  • SSD 256 GBTipis dan ringan

Setelah beberapa bulan pemakaian barulah mulai muncul beberapa masalah. Setelah aku rekap beberapa minus yang paling sering ku dapat , misalnya:

  1. Mudah Blue Screen

Entah kenapa laptopku ini sekarang hampir mudah blue screen. Terkadang ketika jarang digunakan laptopnya dan inginku buka laptop tiba – tiba berubah desktopnya menjadi blue screen.

Tentu aku harus menunggu semisal ini terjadi. Hal yang paling tidak enak ketika mau presentasi tiba – tiba laptop blue screen itu pasti tidak akan lucu. apalagi waktu perkuliahan sering banget melakukan presentasi didepan kelas.

2. Pernah Ganti Batre Laptop serta sulitnya cari spare part Laptopnya

Setelah 5 bulan pemakaian laptop ini yang aku beli secara online awalnya pengisian daya berhenti di 11% waktu aku charge kok tidak naik dan ketika aku lepas chargernya laptop malah mati.

huft.. drama apalagi ini. waktu itu sekitar bulan november 2022. Aku tahu mengganti battery laptop mungkin akan mahal , oleh sebab itu aku cari sampingan buat beli battery laptop baru.

Baru ketika Januari 2023 aku berencana untuk mengganti battery yang berlokasi di daerahku Banyuwangi. Saya mencari sampai 2 Toko sekaligus baru yang toko kedua bisa tetapi harus melakukan indent atau pemesanan terlebih dahulu. dengan harga kurang lebih Rp750.000.

Dengan tabungan pas – pasan akhirnya aku tetap mengiyakan permintaan pemilik sparepart laptop tersebut.

3. Colokan HDMI Rusak

Ini yang sebenarnya agak mengagetkan karena saya memerlukan laptop untuk presentasi secara offline memerlukan colokan HDMI untuk menghubungkan proyektor. awalnya saya kira kabelnya yang rusak ternyata laptopnya.

Serta kenapa HDMI begitu Penting, saya seringkali menggunakan laptop untuk layar kedua dan untuk layar utama saya menggunakan monitor sendiri. Setelah Colokan HDMI rusak akhirnya saya menggagalkan harapan saya. sebagai programmer tentunya layar kedua dibutuhkan untuk membaca dokumentasi. untuk layar utama digunakan untuk coding dan editing.

Tentu diluar tersebut masih banyak minus dari laptop 6,5 juta yang ku beli ini karena yang kupikirkan dulu yang penting speknya tinggi, tipis dan ringan sudah cukup.

Secara spek di laptop memang benar sudah bagus tetapi kekurangan demi kekurangan terus bermunculan. bukannya aku semakin produktif malah menghabiskan tabungan untuk memperbaiki laptopnya, tentu hal ini tidak aku inginkan.

Keterbatasan Laptop Bukan Menjadi Penghalang

Berbicara mengenai minus dari laptop yang ku beli secara online mungkin cukup banyak tetapi hal itu bukanlah menjadi penghalang untuk terus berinovasi dan berkreatifitas dengan alat yang masih terbatas.
Laptop terbaik itu adalah laptop yang kamu miliki saat ini, mulai saja dulu berkaryanya maka semesta akan membantumu mewujudkan impian – impianmu.
(Irhan H.)
Kata – kata yang saya buat tersebut seperti menyihir saya untuk terus -menerus mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. minimal tulisan saya bisa dibaca dan ada yang dipelajari dari tulisan saya.
Dengan Laptop penuh keterbatasan ini saya mencapai beberapa pencapaian yang bahkan sebelum ini saya belum pernah mencobanya, misalnya:

Bekerja Freelance Sebagai SEO di Perusahaan

Aku mulai dapat tawaran ini mulai dari Desember 2022. meskipun terbilang cukup singkat dengan kerja sama 3 bulan saya belajar banyak hal untuk segera Improve dari saya sendiri. Saya mengambil kerja saat libur semester 3 sehingga tidak mengganggu waktu perkuliahan saya.
Gaji start mulai dari UMR Bali, tentu ini menjadi suatu kebanggaan karena dulunya saya belum pernah punya pengalaman kontrak kerja tetapi di perusahaan ini saya mendapatkan gaji sudah setara UMR.

Sering Mengikuti Perlombaan Lomba Blog

Dengan mengikuti lomba blog seperti mengasahku untuk terus menerus memperbaiki tulisan – tulisanku sebelumnya. tanpa lomba blog tulisanku awalnya cukup singkat – singkat. tetapi dengan mengikuti lomba blog karena dari penyedia lomba memberikan kriteria saya harus mengikuti kriteria tersebut. Sehingga dalam diri ada sebuah challenge untuk terus memperbaiki tulisan.

Memenangkan perlombaan sangat membuatku senang. di lain hal itu aku juga kadang berkenalan dengan sesama blogger yang tulisannya keren keren. Pastinya Juri memilih blog menang ada sesuatu hal yang beda dari tulisan tulisan penulis lain.

Ketika kalah dari perlombaan bukan berarti akhir dari segalanya tetapi dari kekalahan saya bisa memahami bahwa tulisanku masih perlu banyak perbaikan dan belajar dari beberapa tulisan yang telah menang perlombaan. Apalagi di dunia menulis saya masih terlalu awam sehingga masih perlu banyak masukan.

Menjadi Bagian Indonesia Next Session 7 dari Telkomsel

Buat teman – teman yang belum tahu. Program Indonesia Next adalah salah satu program CSR pendidikannya telkomsel. Program ini semacam bootcamp dan sertifikasi. nantinya peserta yang lulus dari awal hingga akhir akan mendapatkan sertifikasi dan dana pendidikan.

Puji syukur saya mendapat posisi menjadi 22 Runner Up Best Talent dari Telkomsel. tentu hal ini tidak bisa terbayangkan sebelumnya karena mulai dari bootcamp hingga tugas – tugas yang diberikan saya kerjakan dengan laptop bekas saya.

Saya percaya dengan menggunakan laptop saya juga pastinya bisa mengembangkan diri lebih baik. di Bootcamp dari Indonesia next saya belajar banyak hal dari mentor – mentor terbaik seperti public speaking, problem solving, SEO Specialist, UI/UX dan selain itu ada Pembicara keren lainnya.

Setelah selesai Program indonesiaNEXT ini sekitar bulan juli lalu saya melanjutkan dan berani untuk mengambil program studi independen dari kampus merdeka yaitu Bangkit yaitu hasil kerja sama antara Google, Goto dan Traveloka untuk menciptakan pemuda yang bertalenta di bidang Cloud Computing, Machine Learning dan Mobile Development.

Mengikuti Program Studi Independent (MSIB Kampus Merdeka)

Program dari bangkit ini saya ikuti di gelombang kedua saat ini sudah berada di batch 5. semenjak pertama kali rilis Bangkit. Kelas yang disediakan bangkit cukup bermacam – macam ada Soft Skill, ILT Class (Sesuai dengan yang ditekuni), English.

Selain Itu juga ada E-learning untuk mengerjakan tugas disini saya memilih program bidang Cloud Computing. saya diberikan beberapa course yaitu: Coursera, dicoding dan Google Cloud Skill Boost.

Kelas Online daring menggunakan Platform Google Meet membuat saya terus berinteraksi dengan Mentor – Mentor Bangkit.

Selain itu Luaran dari program Bangkit ini nantinya adalah membuat Capstone-Product yaitu suatu ide lalu mengimplementasikan ke dalam aplikasi. dalam membuat ini memerlukan tim berjumlah 5 Orang. nantinya baik diskusi, coding dan testing semua menggunakan virtual meet.

Sehingga nantinya saya perlu membutuhkan Laptop dengan kriteria Kamera yang baik dan memiliki layar yang luas karena nantinya digunakan untuk coding.

Beberapa bulan lalu saya sempat mencari review laptop yang cocok untuk kondisi saya saat ini. Akhirnya saya berkeinginan untuk meminang laptop Asus. Kenapa Harus Asus? nggak yang lain.

Aku ada beberapa alasan mengapa aku memilih laptop Asus ini yaitu:

  1. Kualitas yang sudah terbukti
  2. Pilihan Produknya banyak dan lengkap
  3. Mudah didapatkan dengan harga rasional
  4. Service Center yang mudah dijangkau

Itu tadi beberapa alasan kuat kenapa aku tetap memilih asus untuk aku beli nantinya untuk menggantikan laptopku saat ini. agar aku lebih cepat mengerjakan tugas – tugas dan bisa meningkatkan Self Improvement seperti Content Creator, Editing, dan Coding. Serta yang paling penting layar itu luas dan awet secara battery tentu aku tidak akan ragu untuk memilih laptopnya.

Hatiku Jatuh untuk Meminang ASUS Vivobook Pro 15 OLED (M6500)

Setelah aku mencoba mencari mana laptop yang sesuai dengan bidangku di website resmi ASUS . Aku menetapkan dan mulai menyukai Laptop ASUS Vivobook pro 15 OLED (M6500, AMD Ryzen™5000 Series Mobile Processor).

Aku selalu diajarkan oleh keluargaku untuk membeli sesuatu harus berangkat dari Kebutuhan terlebih dahulu. Laptop ini memiliki layar yang luas sekitar 15.6 ’’ 2.8K 120 Hz OLED, Dengan menggunakan Processor Ryzen™ 5-5600H Series, menggunakan VGA NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti, RAM bisa mencapai 16 GB, Baterai yang luas dan Fast Charging. Sebab inilah aku menetapkan laptop ini menjadi impianku nanti.

Dengan banyak kelebihan itu aku selalu berpikir, kapan ya bisa dapat laptop dengan segudang manfaat yang bisa membuat ku lebih produktif buat bekerja, kuliah, dan belajar mengenai bidang yang diminati.

Dengan Harga yang aku lihat sekitar Rp13.999.000 sangat sesuai dengan ku. saya tidak bilang laptop ini mahal karena antara harga dengan produk yang ditawarkan benar – benar worth it dan sangat realistis untuk dibeli.

Berikut secara lebih lengkap Review Mengenai Laptop ASUS Vivobook Pro 15 OLED yang aku inginkan ini.

Kecepatan Processor dan RAM menjadi Primadonaku

Pastinya gak mau dong pengen kerja sat.. set.. tapi laptopnya masih stuck terus. apalagi kalau laptop sudah muncul kata sakti.
Setelah aplikasi Stuck,
Terbitlah Blue Screen
(Ini Quotes)

Tapi tenang dengan Laptop Asus yang keren ini di nahkodai sama Ryzen ™ 5-5600H Series dan ditemani RAM Up to 16GB DDR4 3200 MHz Memory. Dengan Processor dan RAM tersebut aku sangat cukup tentunya buat menjalankan Beberapa hal yang berbau Software Development. seperti Android Studio, emulator android buat mengetest Aplikasi dan Visual Studio Code.

Apalagi aku jarang banget mematikan laptop kalau sehari biasanya cuma aku sleep saja karena lebih praktis dalam menjalankan softwarenya. dengan Ram 16GB aku lebih lega buat buka software berat berat. Apalagi processor bukan kaleng – kaleng karena yang digunakan sudah setara gaming.

Masalah lain mengenai laptop bekasku adalah mengenai penyimpanan. Penyimpanan di laptop bekas sekitar 256 GB. Jujur saja menurutku masih kurang karena aku masih banyak menginstall Software Editing, Editor Video, Programmer sehingga memiliki penyimpanan yang minimal 512GB adalah suatu hal penting.

Disamping size dari storage versi dari SSD juga perlu dipertimbangkan. asalnya size storage tinggi kalau versi ssd masih rendah tentu speed Transfer akan menjadi semakin rendah.

Ketika Aku cek di Laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED ini penyimpanan sudah di 512GB PCIe® 3.0 SSD tentu dengan Hal ini akan makin tertarik dengan laptop ini. tentu baik content creator atau programmer pastinya sangat membutuhkan SSD yang super kencang ini.

Laptop yang Sangat Cocok untuk Para Designer

Kalau Designer yang menjadi prioritas utama memilih laptop pasti layarnya. pastinya gak mau dong di layar kita terlihat biru muda tapi di laptop teman jadi biru tua. pastinya akan muncul perdebatan konyol yang terjadi.

Di Laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED ini sudah punya julukan untuk layar spektakulernya ini yaitu “The world’s first 15.6’’ 2.8K 120Hz OLED laptop” saingannya bukan se-Asia lagi tapi sudah Dunia.

Selain itu, memiliki 16:9 aspect ratio, 2880 by 1620 resolution, 120 Hz refresh rate, 3-side NanoEdge design, 85% screen-to-body ratio, 0.2 ms response time, 100% DCI-P3, customizable color gamut, PANTONE® Validated, 600 nits peak brightness.

Kamera yang Jernih dan Didukung dengan AI Noise Cancelling

Coba deh kamu lihat dulu Video dibawah ini yang terinspirasi dari meeting online. ada beberapa problem yang terjadi di dalam video conference mulai dari suara yang masuk dengan suara kendaraan, gangguan sinyal internet, serta gangguan karena tidak bisa mendengar lawan bicara ketika zoom.

Pastinya akan terganggu ketika jalanya meeting atau rapat. Dengan menggunakan Laptop ASus Vivobook Pro 15 OLED ada beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk semakin efektif berjalannya rapat online.

a. Physical Camera Shutter
Jarang banget ada laptop yang sangat memperhatikan privasi kamera. dengan hal ini tentunya aku lebih terprivasi. Soalnya sekarang marak penyadapan tiba-tiba kamera laptop hidup tanpa kita yang menyuruh tentu hal ini akan menjadi khawatir.

Dengan fitur ini nantinya kita akan lebih aman ketika meeting secara online atau mengunjungi internet.

b. ASUS AI Noise Cancelation
Pastinya Noise Cancelling ini sangat penting untuk menghindari suara bising bising di sekitar. seperti suara kendaraan yang masuk, atau ada suara kucing berantem dan lain sebagainnya. jadinya rapat kamu akan lebih fokus tanpa menghiraukan suara-suara yang masuk saat keramaian.

c. 3DNR webcam with FHD Camera
3DNR adalah singkatan dari Three-Dimensional Noise Reduction. ini adalah teknologi yang berada dalam kamera. untuk mengurangi noise atau kebisingan yang tidak diinginkan dalam gambar atau video.

Kamera ini juga sudah mendukung Full High Definition mampu mengambil video dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. tentunya dengan kualitas yang tinggi memungkinkan untuk mengambil kualitas video yang lebih tajam dan detail.

Tentunya seorang yang profesional saat meeting online pasti akan dilihat dari segi kejernihan kamera juga. Pastinya tidak ingin dong rapat kamu menjadi kurang baik karena kualitas kamera yang kamu punya kurang mendukung seperti virtual background.

Terdapat Keamanan yang sudah Canggih

Jarang banget nih laptop yang masih sempatnya memikirkan masalah privasi laptop. tentunya laptop akan mirip seperti Smartphone sudah seperti barang pribadi. yang dimana seseorang yang berkeinginan membuka laptop ya harus sepengetahuan yang punya.

Mengenai fitur keamanan yang aku suka dari laptop ini seperti One touch Login dan Shield Your Privacy, berikut penjelasannya:

a. One Touch Login
Kamu tidak perlu lagi mengetikan sandi secara manual lagi di keyboard cukup dengan menempelkan sidik jari di tombol power yang berada di sisi kanan. tentu dengan hal ini akan mempercepat dalam masuk windows.

Berbicara mengenai windows,

“Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari “.

 

b. Shield your Privacy
Di Laptop ini juga sudah menggunakan pelindung privasi. Tentunya ini penting ketika zoom. Ketika belum siap atau ketika webcam tidak digunakan aku biasanya menutupnya dengan selotip, saya diajarkan di kampus untuk selalu waspada mengenai kejahatan cyber.

Dengan Fitur ini ketika webcam tidak digunakan saya bisa cukup menggeser sehingga webcam sudah tertutup ini sangat membantuku dalam melindungi privasi ketika berselancar di internet atau saat ketika meeting

Memiliki Creator Hub untuk Content Creator

Buat kamu yang suka membuat video lalu mengedit di laptop. Dengan Creator hub kamu akan dipermudah mengenai hal itu semua. Creator Hub menampilkan dashboard ikhtisar, dan memungkinkan untuk beralih ke mode kinerja berbeda atau mengubah kalibrasi warna layar.
Dengan Creator Hub dapat memantau status laptop anda, mempersonalisasi pengaturan, atau mengoptimalkan alur kerja.

Baterai yang sangat kuat untuk Produktif

Tentunya jengkel banget kan lagi edit enak di cafe tiba – tiba harus stuck karena baterai laptop yang cepat habis. dengan Laptop Asus Vivobook ini kamu tidak perlu khawatir karena kapasitas dari baterai ini sudah tinggi sekitar 70 Wh. di buat untuk tahan lama yang bisa diajak terus bekerja.
Meskipun Habis kamu bisa mencharger dengan cepat sekitar 120W adapter with DC-in. Tentu mengisi daya gak perlu menunggu sampai berjam – jam. Jadi enjoy pekerjaan selesai tapi baterai tetap hemat.

Laptop yang sudah memenuhi standar Militer AS MIL-STD-810 H

 

Menjadi Content Creator dan Programmer tidak melulu harus melakukan pekerjaan nya di Rumah. mereka pastinya butuh workout atau keluar sambil membawa kerjaan. Terkadang aku merasa gabut apabila mengerjakan di rumah sehingga saya sering kali keluar untuk mengerjakannya Karena mobilitas yang tinggi tentunya saya memilih laptop yang tahan goncangan apalagi kalau naik kendaraan pasti kadang sering terbentur-bentur.

Dengan Laptop Vivobook Pro 15 OLED (M6500) ini untungnya sudah memenuhi standar militer AS MIL STD-810 H yang menuntut untuk keandalan dan ketahanan. pengujian untuk mendapatkan standar ini misalnya dengan tes menjatuhkan daya, uji getaran, ketinggian, dan suhu yang ekstrim.

Dengan standar ini saya gak perlu khawatir. apabila laptop ini digunakan sampai 4- 5 tahun kedepan itu masih sangat works menurutku.

Software MyAsus yang Ibarat Komando bisa atur semua

 

Asus memang sebuah brand di laptop yang sudah puluhan tahun bergerak di brand laptop. Sehingga hasil – hasil karya tidak pernah diragukan lagi. Software MyASUS sebuah tool praktis yang sangat membantu untuk memaksimalkan laptop.

Software My Asus ini dapat digunakan untuk mengatur banyak hal seperti untuk mengaktifkan fitur AI noise-canceling audio, mengoptimasi fan speed according to use, untuk mengecek display color profile dan satu klik untuk mengecek system diagnostics.

Serta hal yang unik ada GlideX. Glidex berfungsi menjadi solusi untuk berbagi layar lintas perangkat. Jadi, mau kalian menggunakan screen mirror, screen extend sangat dipermudah dengan fitur dari asus ini.

Sebagai programmer dan editing saya biasanya menggunakan layar kedua sebagai tempat editing. dan layar laptop digunakan untuk mencari referensi baik design atau code program. tentu hal ini mempermudah daripada pindah pindah tab.

Penutup

Menjadi Seorang Programmer, Editing dan Blogger memang sangat membutuhkan laptop. Laptop ibarat pasangan yang selalu dibawa kemana – mana. baik kerja, ketemu client, meeting, dan hiburan.

Begitu banyak kegiatan yang hampir saya lakukan bersama. tetapi seyogyanya manusia pasti ada batasnya saya selalu membagi waktu kapan harus melakukan programming, kapan waktunya buat editing dan kapan waktu yang tepat untuk menulis.

Agar semua dapat ditentukan dengan porsi dan beriringan agar semua pekerjaan dapat tuntas sesuai deadline yang telah kita buat maka sangat perlu laptop yang gahar powerfull secara spek tetapi dalam desain terlihat cool dan elegan.

Memilih Laptop Asus Vivobook Pro 15 OLED menjadi pilihan yang sesuai dan tepat bagiku. memiliki impian laptop yang bisa buat apapun merupakan hal yang aku dambakan sejak lama. tentunya saya meyakini dengan laptop ini bisa berdampak baik kepada saya tetapi dengan teman – teman di luar sana dengan karya – karya content creator yang saya buat.

Sebagai gambaran lebih lengkap saya menambahkan Spesifikasi lengkap untuk ASUS Vivobook pro 15 OLED adalah sebagai berikut:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top