Menghadapi UTBK/SNBT Tanpa Takut: Informasi Paket UTBK/SNBT Ruangguru

Table of Contents

Terdapat banyak pilihan untuk masuk  di perguruan tinggi bisa melalui jalur tes SNBT, SNBP dan jalur mandiri. salah satu jalur pendidikan yang banyak digunakan adalah SNBT.

Untuk teman – teman jangan pernah merasa takut untuk menghadapi UTBK ya karena ini hanyalah salah satu tahap agar kamu bisa masuk ke perguruan tinggi.

Apa Itu UTBK-SNBT?

UTBK-SNBT adalah jalur tes masuk PTN menggantikan ujian tulis berbasis komputer UTBK-SBMPTN. Berbeda dengan UTBK-SBMPTN, UTBK- SNBT tidak menggunakan Tes Potensi Akademik (TPA). UTBK-SNBT 2023 hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi, dan penalaran matematika.

Pada SBMPTN 2021 tercatat sebanyak 777.858 sementara tahun ini naik hingga 800.852 peserta. namun hanya 745.142 peserta yang hadir dan dinyatakan layak untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Dari jumlah peserta tersebut berikut adalah jumlah dan presentasi peserta yang diterima pada SBMPTN 2022:

  • Saintek : 88.703 dari 359.791 peserta dinyatakan lolos di prodi saintek sekitar 24 persen .
  • Soshum 85.801 dari 32.714 peserta dinyatakan lolos di prodi soshum sekitar 23 persen
  • saintek dan soshum 17.306 dari 68.347 dinyatakan lolos, atau sekitar 23 persen

dari data tersebut, hanya 24 persen peserta dari total pendaftar yang dinyatakan lolos SBMPTN 2022, yaitu sebanyak 192.810 peserta.

Bentuk dan jenis soal UTBK-SNBT

Materi UTBK SNBT 2023 dibagi menjadi 3 kategori yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Penalaran Matematika, adapun kisi – kisi ujian untuk UTBK SNBT 2023 adalah sebagai berikut:

a. Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik digunakan untuk mengetes kapasitas berpikir para calon mahasiswa PTN. berikut ini adalah beberapa materi yang akan dites dalam Tes Potensi Skolastik, diantaranya:

Penalaran Umum

Materi Soal kemampuan penalaran umum akan menguji kemampuan dari peserta ujian dalam menggunakan beragam prosedur pemecahan masalah. soal – sola penalaran umum untuk menilai kemampuan berpikir induktif, deduktif dan penalaran kuantitatif.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi Tes Potensi Skolastik ini menguji kapasitas peserta dalam memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan penting di lingkungan  kultur indonesia. Materi ini akan menguji keterampilan berbahasa, menggunakan kata, dan  wawasan umum peserta.

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Materi Soal kemampuan memahami Bacaan dan menulis berisi berupa 20 soal yang mesti dikerjakan dalam waktu 25 menit. materi ini menguji peserta dalam membaca, menulis dan juga mengekspresikan pemikiran.

Pengetahuan Kuantitatif

Materi ujian pengetahuan kuantitatif menguji pengetahuan peserta seleksi terkait matematika. soal – soal tes berkaitan dengan ukuran perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika dan pengetahuan matematika umum.

b. Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi ujian Tes literasi dalam bahasa indoensia terdiri atas 30 soal (waktu pengerjaan 45 menit) adapun tes literasi dalam bahasa inggris berupa 20 soal (30 menit pengerjaan)

Materi soal tes literasi terfokus pada literasi membaca yaitu kemampuan dalam memami, mengevaluasi, merenungkan, dan berinteraksi aktif dengan teks.

c. Penalaran Matematika

komponen materi penalaran matematika dalam UTBK 2023 memuat 20 soal ujian dengan waktu pengerjaan 30 menit.

penalan matematika adalah kemampuan penalaran matematis berupa merumuskan, memakai dan menafsirkan masalah maupun informasi kuantitatif.

Mengenali kekhawatiran dalam menghadapi UTBK

Salah satu cara agar menghadapi UTBK-SNBT tanpa rasa takut. kita terlebih dahulu harus mengenali kekhawatiran tersebut. dengan mencari sumber kekhawatiran kita akan lebih mudah dalam menemukan solusi yang digunakan untuk mengatasi rasa khawatir tersebut.

a. Kekhawatiran tentang persiapan diri 

kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar secara teratur, memperdalam pemahaman tentang materi ujian dan melakukan latihan soal.

b. kekhawatiran tentang hasil ujian

kamu dapat mengatasi masalah kekhawatiran ini dengan terus menjaga pikiran positif dengan berfokus kepada tujuan dan merasa yakin dengan kemampuan diri sendiri akan membantu mengurangi kekhawatiran.

Untuk menghindari rasa takut kamu bisa mengikuti bimbel online UTBK SNBT yaitu ruangguru dengan memanfaatkan beragam fitur yang telah disediakan ruangguru di ruangbelajar kamu tentunya akan lebih siap dalam menghadapi UTBK berikut adalah penjelasannya.

Paket UTBK-SNBT Ruangguru

untuk kamu yang sedang mencari Bimbel UTBK SNBT, aplikasi yang tepat untuk menunjangmu agar lebih siap menghadapi UTBK adalah ruangbelajar.

Apa itu ruangbelajar ?

ruangbelajar merupakan salah satu layanan/produk yang dimiliki oleh aplikasi ruangguru. layanan ini akan memberikan fasilitas menarik yang memungkinkan siswanya belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal.
bahkan kamu bisa lho mendownload terlebih dahulu untuk selanjutnya kamu bisa menghemat kouta.

Paket UTBK/SNBT Ruangguru

Harga

untuk harga UTBK-SNBT di ruangbelajar di ruangguru bervariasi tergantung dari durasi paketnya mulai dari paket 1 bulan hingga 2,5 tahun kamu bisa memilihnya.
Kebetulan ketika saya melihat harganya sedang diskon mulai dari 71 hingga 75% dengan durasi 6 bulan.
Harga awal Rp2.400.000 Menjadi Rp699.000 Kamu akan mendapatkan ruangbelajar SMA/SMK + UTBK (Semester genap) untuk 6 bulan
Harga awal Rp4.000.000 Menjadi Rp999.000 Kamu akan mendapatkan ruangbelajar SMA/SMK + UTBK + roboguru Plus Premium (Semester genap) untuk 6 bulan

Fasilitas yang akan di dapat

  • Video Belajar
terdapat fitur adapto yang membuat keseruan belajar lebih interaktif dan serasa belajar dengan guru privat. video belajar menyesuaikan pemahaman dan bisa memilih penjelasan yang detail atau cepat
  • Rangkuman
di ruangbelajar  kamu akan mendapatkan Rangkuman infografis yaitu rangkuman topik pelajaran dengan visual yang menarik yang bisa di download.
selain itu kamu akan mendapatkan lembar belajar yang berisi rangkuman rumus serta latihan soal. kamu bisa mulai mendowload print dan mengerjakan.
  • Persiapan Ujian
Kamu gak perlu khawatir di ruang belajar sudah disediakan beragam bank soal yang bisa kamu pilih untuk dikerjakan, lalu ada playlist belajar selain itu ada juga UTBK Skolastik yang berisi mengenai materi belajar sehingga nantinya ketika kamu mempersiapkan materi untuk utbk akan lebih siap.

Kesimpulan

Kamu sekarang tidak boleh takut lagi untuk menghadapi UTBK-SNBT dengan menggunakan ruangguru kamu akan lebih siap dalam menghadapi ujian UTBK nantinya, PTN yang menjadi Incaran kamu akan bisa kamu dapatkan 
Kamu bisa mulai mendownload Aplikasi Ruangguru di Playstore maupun di Appstore.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top