Kelas Seleksi PPG di Skill Academy dan Persiapan Profesi Guru Prajabatan yang Terarah

Bagi mereka yang telah menyelesaikan studi S-1, baik dalam bidang pendidikan maupun non-pendidikan, dan memiliki keinginan untuk menjadi guru, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjadi hal yang perlu dipahami. 

PPG merupakan singkatan dari Pendidikan Profesi Guru, sebuah program yang diarahkan untuk menyiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang tertarik untuk menjalani karir sebagai guru, agar dapat menguasai semua kompetensi yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. 

Melalui proses pembinaan dan penilaian melalui sertifikasi, PPG bertujuan untuk memastikan bahwa calon guru memiliki kelayakan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas mengajar dengan baik.

PPG merupakan inisiatif dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia. 

Tujuannya adalah melalui upaya pembinaan dan evaluasi melalui sertifikasi, sehingga lebih banyak lagi guru yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai untuk mengajar dengan efektif.

Setelah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian program PPG, guru yang berhasil lolos dalam proses sertifikasi akan diberikan sertifikat yang menegaskan bahwa mereka telah memenuhi standar kelayakan yang ditetapkan. 

Sertifikat ini akan diberikan oleh institusi pendidikan yang menyelenggarakan program sertifikasi, menjadi bukti konkret bahwa guru tersebut memiliki kemampuan profesional yang sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk menjadi seorang guru yang kompeten.

Tujuan utama dari Pendidikan Profesi Guru

Adapun tujuan utama dari Program Pendidikan Profesi Guru meliputi:

1. Menghasilkan Guru Profesional 

Baik alumni sarjana kependidikan maupun non kependidikan dapat mengikuti program ini dengan harapan dapat menjadi guru yang profesional sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Karya Ilmiah

Program ini mendorong peserta untuk menghasilkan karya ilmiah inovatif dan kompetitif yang berkaitan dengan bidang pendidikan atau profesi guru, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

3. Membekali Lulusan sebagai Konsultan Pendidikan

Pendidikan guru menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmiah. Program ini memberikan pendidikan multidisipliner agar calon tenaga pendidik memiliki kapasitas sebagai guru atau tenaga pendidik yang kompeten.

4. Membangun Kerja Sama dengan Pihak Terkait

Sistem pendidikan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, baik secara regional, nasional, maupun internasional. Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dan kerja sama menjadi kunci penting dalam meningkatkan sistem pendidikan secara keseluruhan.

Persyaratan Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Persyaratan untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebenarnya cukup mudah untuk dipenuhi secara umum. Berbeda dengan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi guru, persyaratan PPG memiliki beberapa kriteria yang perlu dipenuhi bagi calon peserta:

1. Usia dan Kewarganegaraan

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), batasan usia maksimum untuk mendaftar PPG adalah 32 tahun pada akhir tahun pendaftaran, terbuka bagi lulusan sarjana pendidikan maupun non pendidikan.

2. Status Dapodik

Peserta yang ingin mendaftar PPG haruslah belum terdaftar sebagai Guru atau Kepala Sekolah dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Ini merupakan kebalikan dari syarat dalam sertifikasi guru, di mana pengalaman mengajar biasanya menjadi prasyarat.

3. Ijazah dan IPK

Calon peserta diharuskan memiliki gelar sarjana (S1) atau D4 yang terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri jika lulus dari perguruan tinggi di luar negeri. Selain itu, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal yang diperlukan adalah 3,0.

4. Persyaratan Dokumen

Calon peserta harus menyiapkan dokumen-dokumen penting saat mendaftar, termasuk surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, surat keterangan berkelakuan baik, serta surat keterangan bebas penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).

5. Lolos Seleksi

Tahap seleksi merupakan langkah penting yang harus dilewati oleh calon peserta PPG. Mulai dari seleksi administratif, tes substantif, hingga wawancara menjadi bagian dari proses seleksi. Peserta yang lolos seleksi juga diharuskan menandatangani pakta integritas sebagai komitmen terhadap program tersebut.

Dengan memenuhi semua syarat dan menjalani proses seleksi dengan baik, calon peserta dapat menjadi bagian dari Program Pendidikan Profesi Guru untuk mengembangkan potensi sebagai pendidik yang berkualitas.

Siap Hadapi Seleksi PPG Prajabatan dengan Bimbel PPG by Skill Academy

Pendidikan Profesi Guru (PPG) menjadi salah satu pintu gerbang bagi para calon guru untuk memasuki dunia pendidikan. Persiapan yang matang diperlukan untuk menghadapi seleksi ini, dan Skill Academy hadir dengan solusi melalui program Bimbingan Belajar Kelas Seleksi PPG yang komprehensif.

Kenapa Skill Academy?

Bagi banyak orang, mencari sumber belajar yang terpercaya untuk persiapan PPG bisa jadi suatu tantangan. Namun, dengan Skill Academy, segala kebutuhanmu untuk mempelajari materi PPG tersedia dalam berbagai paket yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhanmu.

Paket Belajar PPG Prajabatan

Skill Academy menyediakan dua pilihan paket belajar yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan:

1. Paket Lengkap PPG (Tryout & Video Belajar)

Harga Normal: Rp310.000

Diskon 35%: Rp200.000

Apa yang kamu dapatkan dari paket ini?

  • Puluhan Video Pembelajaran Materi Terlengkap oleh Ruangguru, memberikan pemahaman mendalam tentang materi yang akan diuji.
  • 2 Set Simulasi Tes Substantif CAT yang bisa dikerjakan berkali-kali untuk mempersiapkan diri secara optimal.
  • Tes Literasi, Numerasi, dan Bidang MTK/IND/PGSD yang menjadi fokus pada tes PPG.
  • Pembahasan Tryout Substantif untuk pemahaman yang lebih baik.
  • Akses Seumur Hidup untuk mempelajari materi kapan pun dibutuhkan.
  • Grup Diskusi Persiapan Tes, tempat berbagi strategi dan tips dengan sesama peserta persiapan PPG.

2. Paket 5 Try Out PPG dan Pembahasan

Paket ini memberikan alternatif bagi yang membutuhkan latihan lebih intensif.

  • 5 Set Simulasi Tes Substantif CAT yang dapat diulang sebanyak yang dibutuhkan.
  • Tes Literasi, Numerasi, dan Bidang MTK/IND/PGSD.
  • Pembahasan Tryout Substantif untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan.
  • Akses Seumur Hidup untuk terus memantau kemajuan belajar.
  • Grup Diskusi Persiapan Tes untuk konsultasi dan berbagi strategi dengan peserta lainnya.

Kesimpulan

Dengan paket-paket yang disediakan oleh Skill Academy, kamu tak perlu lagi merasa bingung atau kebingungan mencari materi yang tepat untuk persiapan seleksi PPG. Ada beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, mulai dari pemahaman mendalam melalui video hingga latihan intensif dengan simulasi tes. 

Bersiaplah dengan lebih percaya diri dan optimal, hadapi seleksi PPG dengan Bimbel PPG by Skill Academy!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top