Jangan takut menghadapi UTBK/SNBT dengan ruanguji Ruangguru

Jangan takut menghadapi UTBK/SNBT dengan ruanguji Ruangguru

Table of Contents

untukmu yang sedang berada di kelas 12 SMA/MA/SMK jangan takut menghadapi UTBK/SNBT, Hanya terdapat dua kemungkinan yang akan kamu dapatkan yaitu kamu lulus atau tidak.

Jika kegagalan menimpamu jangan terlalu bersedih hati karena kamu masih punya kesempatan untuk mengambil jalur masuk yang lain misalnya jalur mandiri, atau bisa juga kuliah di Politeknik dengan jalur SBMPN. jika ingin tetap berkeinginan lewat SNBT kamu bisa menunggu hingga 1 tahun kedepan.

Kamu bisa mengikuti SNBT dengan maksimal 3 tahun setelah kelulusan jadi kamu masih punya 3 kesempatan untuk mengikuti SNBT. selama 1 tahun atau istilahnya gap year kamu dapat mengisi kekosongan tersebut dengan kegiatan positif.

Jika kamu telah lolos di UTBK/SNBT jangan terlalu berbangga hati karena kamu masih berada di pintu gerbang masuk PTN. yang selanjutnya apa prestasimu, berapa IPK, siapa temanmu, dan apa keinginan yang menjadi tujuan kuliah ditentukan disini. ini adalah waktu yang tepat untuk menentukan target kamu selanjutnya.

Nah mungkin kamu bertanya – tanya “bagaimana ya mas, untuk bisa lebih percaya diri dalam menghadapi UTBK/SNBT?” waktu dulu setelah saya lulus MA saya juga pernah bertanya seperti itu.

Bahkan saya sempat menempeli berapa minimal skor yang harus saya dapatkan untuk bisa masuk ke beberapa universitas yang menjadi impian saya mulai dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung.

Tujuan artikel ini dibuat untuk teman – teman yang sedang berjuang untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri agar lebih percaya diri. sehingga tidak terlalu gugup ketika mengerjakan tes tersebut.

Apa itu UTBK/SNBT?

Pertanyaan yang mendasar dulu nih, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh balai pengelolaan pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan PTN.
Pada 2022 kemarin dari 800 ribu yang mengikut tes UTBK hanya 192 ribu yang masuk PTN sekitar 24,07 persen melalui SBMPTN sekarang SNBT.
Tentu saja kamu bisa masuk di golongan 24,07 persen dan saya yakin salah satunya adalah kamu dengan pemilihan strategi seperti mencari Perguruan tinggi negeri dan mencari program studi yang sesuai dengan diri kamu bisa kok lulus UTBK/SNBT.
Jangan bersedih jika kamu tidak bisa mengikuti bimbel seperti kebanyakan siswa lain. ingat ada banyak jalan menuju roma. kamu bisa pakek metode apapun untuk bisa menaikkan skor utbk kamu nanti agar bisa masuk di jajaran Top PTN.

Tips Tidak Takut  Menghadapi UTBK SNBT

Berikut ini adalah beberapa Tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa menghadapi UTBK/SNBT antara lain:

Fokus kepada kesiapan dan belajar kamu

Rasa takut itu pastinya akan dirasakan oleh setiap manusia. jika kamu memiliki rasa takut untuk menghadapi UTBK/SNBT berarti kamu berada di track yang benar kok. 
yang menjadi poin penting jangan menjadikan takut tersebut menjadi hambatan untuk meraih Perguruan tinggi impian kamu. Fokus kepada Persiapan lebih penting daripada memikirkan takut gagal. 
Menentukan tujuan dengan jelas dan realistis akan bisa membuatmu bisa lolos ke perguruan tinggi yang kamu impikan. selain itu juga kamu bisa mencari berbagai sumber belajar mulai dari buku, bimbel online atau belajar bareng teman sendiri.

Coba Ikuti Tryout UTBK

Try out UTBK adalah sebuah simulasi tes untuk menghadapi Ujian Tulis berbasis Komputer (UTBK) yang digunakan sebagai syarat penerimaan di banyak perguruan tinggi di indonesia. terdapat banyak platform untuk bisa melakukan Tryout online UTBK salah satunya adalah ruanguji dari Ruangguru.
Terdapat banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti tryout SNBT misalnya:

Dapat mengetahui kemampuan diri

Dengan mengikuti Tryout, kamu dapat tahu seberapa siap kamu untuk menghadapi UTBK. selanjutnya kamu bisa mengetahui nih kelebihan dan kekurangan dalam mengerjakan soal, serta pada materi apa yang kurang kamu bisa tingkatkan.

Mengurangi ketakutan

Dengan mengikuti Try Out utbk ini bisa menjadi cara untuk mengurangi rasa ketakutan kamu dalam menghadapi SNBT karena kamu sudah memiliki pengalaman dalam mengerjakan tes tersebut.

Mengetahui jenis soal UTBK

dengan mengikuti Try Out kamu akan tahu beberapa jenis soal dan tipe soal yang sering keluar pada UTBK. Dengan mengenal dan mengerti jenis soal yang paling sering keluar, kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Buat Jadwal Review Materi

Jangan lupa untuk menjadwalkan  saat review materi hal ini bisa menjaga konsistensi dan kebiasaan belajar, mencegah ketinggalan, meningkatkan efisiensi waktu belajar, meningkatkan daya ingat dan pemahaman dan mengurangi stres dan kecemasan.

Review Materi

Setelah membuat jadwal materi jangan lupa untuk melakukan  review materi. ada beragam teknik yang bisa kamu gunakan untuk belajar misalnya teknik DELIBERATE PRACTISE, teknik pomodoro yaitu membagi waktu belajar misal 25 menit fokus belajar dan 5 menit istirahat.
Selain teknik tersebut kamu bisa menggunakan teknik sekreatif kamu agar materi utbk masuk dan efektif dalam belajar.

Evaluasi Kelemahan

Setelah kamu melaksanakan tryout SNBT kamu bisa mengevaluasi nih pada materi mana nilai kamu rendah dengan begitu kamu bisa memaksimalkan belajar kamu untuk bisa meraih nilai yang tinggi pada materi tertentu.

Manfaat mengikuti Try Out UTBK dengan ruanguji 

Jangan takut menghadapi UTBK/SNBT dengan ruanguji Ruangguru

Simulasi Try Out UTBK Terbaik

nantinya Tryout UTBK di ruanguji oleh ruangguru dilakukan secara serentak seperti Ujian UTBK aslinya dengan begitu kamu bisa menghilangkan rasa takut saat menghadapi SNBT .

Paket Soal Paling Akurat

Semua soal yang terdapat di ruanguji akan sesuai dengan soal – soal yang akan dihadapi nanti di UTBK. jadi kamu lebih siap dong pastinya dalam menghadapi soal UTBK nantinya.

Video Pembahasan pada Semua Soal

Semua Soal yang diujikan di Tryout UTBK ruanuji dilengkapi dengan pembahasan dalam bentuk vide dan teks. jadi pembahasan nya nanti akan lebih lengkap.

Penutup

Kita tidak boleh takut untuk menghadapi UTBK/SNBT salah satu caranya adalah dengan menyiapkan materi dan mempersiapkan sebaik mungkin untuk tes UTBK. dengan begitu kamu akan mendapatkan skor utbk yang kamu inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top