8 Tips Jitu Memilih Freight Forwarder yang Terpercaya

Di kalangan para eksportir dan importir Tanah Air, freight forwarding merupakan istilah yang sudah cukup dikenal. Freight forwarding adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa pengurusan dan pengiriman barang, baik melalui darat, laut, dan udara. Tugas freight forwarding tidak sesederhana pengiriman barang semata, melainkan juga urusan perizinan, perencanaan, hingga penyimpanan barang di gudang milik forwarder.

Dengan tugasnya sebagai perencana transportasi logistik, freight forwarder diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya yang selalu ingin efektivitas dan efisiensi dalam hal pengiriman barang. Sebab, memang itulah fungsi freight forwarding, melakukan pengiriman barang dan bertanggung jawab atas barang tersebut.

Sayangnya, tidak semua perusahaan freight forwarding memiliki profesionalitas tinggi dan dapat dipercaya. Salah memilih forwarder, justru akan membuat rumit pengirimnya. Bukan hanya itu, fatal yang terjadi di lapangan tentu menjadi sulit terhindarkan, seperti kehilangan atau kerusakan barang kiriman. Dampaknya, pengirim yang ingin bisnisnya menjadi untung dengan menggunakan jasa ini, malah justru bisa mengalami kerugian yang besar.

Tentu hal ini tidak ingin dirasakan para pebisnis. Kerugian sekecil apapun, penting bagi perkembangan sebuah bisnis. Oleh karena itulah, sangat penting untuk jeli dalam memilih forwarder yang dapat dipercaya. Sehingga, peluang untuk mengalami kerugian bisa diminimalisasi sekecil mungkin.

Tips Memilih Freight Forwarder Terpercaya

Dengan segala tanggung jawab yang diemban, sangat penting untuk memilih freight forwarder yang terbukti aman dan terpercaya. Salah memilih forwarder, maka klien bisa mengalami kerugian besar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan panduan saat memilih jasa freight forwarder:

1. Periksa rekam jejak perusahaan

Dari rekam jejak perusahaan, segala hal bisa dipertimbangkan. Mulailah dari memeriksa kontak dan alamat perusahaan, apakah sesuai atau tidak, bahkan fiktif belaka. Cari tahu berapa lama perusahaan berdiri. Tak terkecuali, cari review dari perusahaan yang pernah menggunakan jasanya.

Selain itu, lakukan riset sederhana, dimulai dari pertanyaan mendasar. Misalnya, apakah perusahaan pernah memiliki kasus dengan klien? Apakah mengalami penurunan kualitas selama beberapa tahun terakhir? Sikap skeptis sangat diperlukan saat mencari jasa freight forwarder.

2. Informasi jelas dan mudah didapat

Pilihlah perusahaan freight forwarding yang memiliki informasi jelas dan mudah didapat, mulai dari nomor yang bisa dikontak, lokasi kantor, dan identitas lainnya tentang perusahaan. Jangan percaya pada tampilan website perusahaan yang terlihat profesional, padahal belum berpengalaman.

3. jaringan yang baik dan segudang pengalaman

Sebuah keuntungan jika mendapatkan freight forwarder yang memiliki jaringan luas dalam industri perkapalan. Bukan hanya luas, tetapi juga memiliki hubungan baik. Sebab, jaringan ini yang akan memungkinkan pengirim mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk memudahkan negosiasi tarif.

Jaringan yang luas juga mengartikan perusahaan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni di bidangnya. Tentu saja, hal ini sangat diperlukan bagi para eksportir dan importir. Mengingat barang sepenuhnya menjadi tanggung jawab freight forwarder dan proses pengiriman cukup panjang dan rumit. Karenanya, perlu tangan-tangan ahli dan berpengalaman untuk menjamin kelancaran proses pengurusan dan pengiriman barang. Sehingga, kendala teknis, diatasi dengan sigap.

4. Pilih yang memiliki layanan lengkap

Pastikan layanan yang diberikan lengkap dengan memeriksa jenis layanan yang tersedia terlebih dahulu. Berikut beberapa layanan yang termasuk jasa freight forwarder, di antaranya:

  • Pengurusan bea cukai, serta biaya tertagih dari pelabuhan transit dan tujuan.
  • Pembayaran biaya handling, freight, dan biaya lainnya yang berkaitan.
  • Mencari rute pengiriman yang tepat dan efisien.
  • Negosiasi tarif angkutan barang.
  • Mengatur pengepakan dan pemuatan barang.
  • Pengurusan dan pengajuan klaim asuransi.
  • Menawarkan kutipan ekspor impor.

5. Paham dengan kebutuhan klien

Setiap perusahaan forwarding memiliki layanan yang berbeda-beda. Dari setiap layanan yang ditawarkan, tentu ada yang sesuai dan tidak sesuai kebutuhan klien. Misalnya, jika kebutuhannya adalah pengiriman bahan makanan atau bahan mentah, pilihlah perusahaan forwarding yang ahli dalam pengurusan ekspor atau impor bahan mentah mudah busuk, bukan yang ahli dalam pengiriman barang elektronik. Antara keduanya, tentu pengalaman dan penanganannya akan jauh berbeda. Karenanya, harus jeli dalam memilih jasa forwarder yang paling sesuai kebutuhan.

6. Memberikan jaminan keamanan

Umumnya, forwarder profesional akan memberikan garansi barang sampai di tangan penerima dengan aman. Sehingga, apabila terjadi kerusakan atau kehilangan saat proses pengiriman barang, maka perusahaan forwarding akan bertanggungjawab.

7. Transparansi biaya dan kualitas pengurusan barang

Penting untuk memilih perusahaan forwarding yang terbuka mengenai jumlah tagihan. Pilih forwarder yang memberikan tagihan terperinci dan sesuai dengan kualitas dan layanan yang diberikan. Alih-alih menghemat biaya dengan memilih forwarder murah, tetapi kualitasnya dari pelayanannya tidak memuaskan. Jangan sampai hal ini terjadi.

8. Transparansi status pengiriman

Barang yang sudah diberikan pada jasa freight forwarding, sepenuhnya menjadi tanggung jawab forwarder. Inilah saatnya menaruh kepercayaan pada forwarder. Untuk itu, penting memilih perusahaan freight forwarding yang transparan perihal status pengiriman. Informasi seputar status pengiriman secara real time penting didapatkan untuk memprediksi kedatangan dan status barang. Carilah forwarder yang menawarkan pelayanan tersebut.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dijadikan acuan saat hendak mencari jasa freight forwarding yang aman dan terpercaya. Pilihlah perusahaan freight forwarding yang sesuai dengan kriteria di atas agar lebih aman dan tidak menimbulkan kecemasan bagi para pengirim. Selalu periksa dan seleksi terlebih dahulu perusahaan forwarding yang akan digunakan. Kesuksesan pengiriman barang merupakan kunci berkembang dan lancarnya bisnis.

Scroll to Top