√ 15+ Alasan Masuk OSIS yang Terbaik Untuk Sekolah

Alasan Masuk Osis yang Terbaik Untuk Sekolah

Alasan Masuk Osis yang Terbaik Untuk Sekolah – Halo teman-teman  menjadi seorang OSIS(Organisasi Intra Sekolah) memang memiliki segudang manfaat yang dapat kita petik. Tahu gak guys? Semakin jenjang sekolah kita naik maka organisasi yang kita ikuti semakin banyak.

Selain kalian Melatih di bidang publick speaking kamu juga bisa menambah relasi teman. sebelum masuk OSIS mungkin teman kita cuma sekelas akan tetapi jika mengikuti OSIS teman kita bisa sampai Kelas diatas kita atau bahkan sampai Alumni.

Organisasi adalah Salah satu tempat untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan daya kerjasama. OSIS sendiri singkatan dari Organisasi Intra Sekolah merupakan organisasi sekolah di tingkat SMP dan SMA.

Perlu teman – teman ketahui, selain di sekolah mendapatkan ilmu dari guru kita juga bisa belajar untuk berorganisasi, belajar untuk berkomunikasi dan lain – lain karena hal tersebut sangat penting di dunia kerja.

Berikut ini kami memaparkan mengenai alasan masuk osis, Motivasi masuk osis dan VISI Misi mengikuti Osis

Alasan Masuk OSIS

Ketika ditanya mengenai Alasan Masuk Osis? Pasti jawabanya akan banyak oleh sebab itu kami mencoba merangkum beberapa alasan masuk osis, diantaranya:

1. Optimalkan diri

Terkadang seseorang mempunyai sebuah bakat tetapi tidak ada media untuk menyalurkan, contoh si fulan memiliki bakat menjadi MC atau pembawa acara, dengan mengikuti kegiatan osis si fulan bisa menyalurkan bakatnya.

Bukan cuma menyalurkan melainkan bisa bertukar ilmu dengan sesama ilmu sehingga bisa melukan optimal diri.

2. Menemukan Teman Baru

dengan memperbanyak relasi teman akan lebih mempermudah kita, di osis bukan cuma teman sekelas melainkan bisa berteman dengan kakak kelas atau malah ke alumni sehingga bisa menambah jejaring teman kalian.

Teman baru dapat mendatangkan peluang untuk mendapatkan ilmu baru dan juga pengalaman baru.

3. Menambah Pengalaman

alasan utama untuk bergabung di OSIS adalah untuk menambah pengaalaman berorganisasi dan melakukan berbagai pekerjaan secara tim.

Sehingga nantinya pengalaman berorganisasi bisa dicantumkan di curriculum vitae.

4. Melatih Kedisiplinan Diri

Selain menambah pengalaman kamu juga bisa belajar untuk melatih kedisiplinan diri. dalam OSIS pastinya memiliki struktur visi serta program kerja yang harus dilaksanakan secara tepat waktu.

Biasanya setiap minggu atau sepulang sekolah akan membutuhkan waktu untuk rapat dan koordinasi TIM. disinilah kamu akan diuji dalam memangement waktu.

5. Meningkatkan Mental Percaya  Diri 

Buat kamu yang kurang memiliki kepercayaan diri yang baik dianjurkan untuk mengikuti/bergabung di OSIS.

Secara tidak lansung Mental kepercayaan diri kamu akan terbentuk dan terlatih dengan sendirinya karena memiliki rasa tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

6.Melatih Komunikasi Secara Baik

di Organisasi OSIS akan dapat meningkatkan skill dalam berkomunikasi, bergabung dalam OSIS akan membantumu berhadapan dengan berbagai karakter orang sehingga mau tidak mau kamu harus berani dan melatih keberanian berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain.

7. Dapat Mengembangkan Skill

Kalian bukan cuma mendapatkan pertemanan yang luas melainkan bisa mendapatkan ilmu untuk mengembangkan diri lebih baik.

Contoh ilmu mengenai mengatur suatu acara, menjadi MC di suatu acara , atau bagian pembukuan biasanya ilmu – ilmu seperti ini tidak  kita didapatkan dilingkungan sekolah.

8. Tempat Menyalurkan Ide dan Kreatifitas

Buat Kamu yang memiliki banyak ide dan kreatifitas sangat lebih baik dianjurkan untuk mengikuti organisasi OSIS.

Dengan bergabung di OSIS, diharapkan semua aspirasimu bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan organisasi dan juga berbagai aspek terkait kegiatan sekolah

9. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Alasan Masuk OSIS selanjutnya adalah melatih Leadership/kepemimpinan. ini sangat berguna bagi dirimu nantinya terlebih lagi memasuki bangu kuliah atau pekerjaan.

dalam organisasi OSIS kamu akan mempelajari kepemimpinan dan berbagai aspek mengenai kepemimpinan.

10. Melatih Tanggung Jawab

dengan mengikuti OSIS kamu akan merasa punya tanggung jawab yang harus diemban dan dilaksanakan secara baik, disinilah tanggung jawabmu akan terlatih dan berusaha menyikapi dengan baik.

11. Memanfaatkan Waktu untuk Hal Positif

Daripada membung waktu hanya untuk menghabiskan waktu seperti bermain game dan lain sebagainya. lebih baik digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti mengikuti kegiatan OSIS. 

12. Meningkatkan Nilai Diri

Apabila kamu sudah masuk kampus atau melamar kerja, dengan memiliki pengalaman menjadi OSIS  Itu akan menjadi nilai tambah bagi kalian.

Jam terbang dari seseorang akan berpengaruh terhadap kemampuannya

13. Belajar Politik

sadar maupun tidak, pasti ketika kita sudah bergabung dengan OSIS secara tidak sadar kita berarti sedang belajar untuk berpolitik. ini adalah bekal yang bagus untuk masa depan setiap siswa.

14. Belajar Demokrasi

Demokrasi yang memiliki makna bentuk kebebasan untuk menyampaikan suatu pendapat, ini adalah bentuk hak yang didapatkan ketika berada di organisasi.

15. Sarana Menjemput Masa Depan

Dengan Niat yang baik dalam mengikuti OSIS dan menjalankan proses yang baik dan benar, mudah mudahan kamu bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman bermanfaat

Penutup:

Itulah tadi informasi mengenai “Alasan Masuk Osis yang Terbaik untuk Sekolah” Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman kalian terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top