Pentingnya Mengikuti Bimbel Tes Skolastik dan Literasi di SNBT dan Seleksi Mandiri PTN

Table of Contents

Tahu gak sih ? nama dari SBMPTN dan SNMPTN itu diganti. yap pada tanggal 7 September 2022 kemarin melalui kanal youtube Kemendikbudristek melakukan siaran yang episode 22.

Pada Episode tersebut membahas mengenai Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tingggi Negeri.
Didalamnya, terdapat perubahan kebijakan jalur masuk PTN, meliputi pergantian nama, bobot penilaian, serta sistem penyelenggara.
Lalu persoalannya kenapa perlu dirubah?

Dari Bapak Menteri Nadiem Makarim berpendapat bahwa hal tersebut dilakukan untuk mendorong pembelajaran di sekolah agar lebih mendalam, memfokuskan kemampuan penalaran dibading hafalan, meminimalisir diskriminasi siswa kurang mampu sehingga tercipta seleksi yang lebih transparan dan terinttegrasi dengan berbagai program studi.
Di permendikbud tertulis, bahwa penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui 3 skema, seperti:
  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) –> dulunya SNMPTN
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) –> dulunya SBMPTN
  3. Seleksi Secara Mandiri oleh PTN
Tentulah dalam menyiapkan test tersebut kita harus menyiapkan jauh – jauh hari agar tidak keteteran dalam mendekati waktu tes SNBT.
Salah satu cara dalam menyiapkan hasil terbaik adalah dengan mengikuti Bimbingan belajar karena pastinya kamu akan dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman sehingga kamu tidak binggung mulai belajar dari mana.
Bagi kamu lulusan sekolah yang mau menimba ilmu di perguruan tinggi  negeri haruslah menyiapkan persiapan UTBK SNBT dengan sebaik mungkin, adapun terdapat 4 komponen yang nantinya akan di uji pada test ini ,yaitu:
  • Potensi Kognitif
Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan calon maba dalam berlogika dan menganalisis suatu masalah. fousnya pada kemampuan bernalar dan kemampuan dalam problem solving.
  • Penalaran Matematika
Penalaran matematika digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan calon maba dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan, untuk memecahkan masalah secara logis dan masuk akal. Nantinya soal yang diujikan bukan cuma berbentuk teks tapi juga berupa kurva, grafik, dan tabel.
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia
Tes Literasi dalam bahasa indonesia dalam UTBK dimaksudkan untuk menyeleksi Maba dalam memahami inti paragraf, pesat tersirat yang ada, dan atau kesimpulan yan bisa diambil. tes ini memerlukan wawasan dalam berbagai bacaan. dan pemahaman mengenai PUEBI.
  • Literasi dalam Bahasa Inggris
Tes bahasa inggris pada UTBK 2023 akan lebih banyak pada penalaran dan pemahaman. Soal – soal literasi bahasa inggris dimaksudkan untuk akan menguji kemampuan literasi penalaran bacaan. Kosa kata, idiom, antonim, sinonim, juga kemampuan dalam memahami inti cerita.

Pentingnya Mengikuti Bimbel Tes Skolastik dan Literasi

Ketika sudah lulus kelas 3 SMA bukan kamu saja yang berkeinginan untuk melanjutkan perguruan tinggi tetapi seluruh indonesia. bukan saya menakut – nakuti tapi itulah kenyataannya, yang perlu diperhatikan disinia adalah menentukan strategi yang tepat agar lolos SNBT.
Salah satunya dengan mengikuti bimbingan belajar tes skolastik. 
Mungkin kalian akan bertanya – tanya apasih manfaat dan apakah penting mengikuti Bimbel SNBT. Berikut adalah beberapa manfaat pentingnya mengikuti Bimbel tes skolastik dan literasi, antara lain:

1. Bisa Memperoleh informasi lebih banyak mengenai SNBT

Selain kamu melakukan latihan soal dalam mempersiapkan diri menjelang SNBT. kamu juga harus tahu mengenai berbagai ketentuan mengenai seleksi tersebut.
Misalnya seperti Passing grade pada jurusan yang kamu pilih, kemudia mekanisme pendaftaran peserta, hingga beberapa tanggal – tanggal penting mengenai proses SNBT.
Sudah pasti kita memerlukan informasi yang banyak dan biasanya di SMA tidak dibahas terlalu banyak sehingga siswa harus melakukan explore sendiri mengenai informasi jalur masuk dan tanggal penting SBMPTN. tetapi hal ini bisa kamu hindari dengan mengikuti Bimbel SNBT.

2. Memperoleh Strategi dalam pengerjaan Soal Seleksi

Berkaitan dengan soal pastinya cukup banyak jumlahnya, bahkan terkadang cukup sulit untuk dikerjakan, yang pada akhirnya hanya ada plihan kamu akan melewati soal tersebut atau tetap ingin mengerjakan.
Namun Ketika kamu mengikuti bimbel, pastinya pihak bimbel mempunyai beberapa strategi khusus agar kamu bisa mengerjakan soal tersebut dengan baik.
Walaupun terlihat sulit, dengan jumlah soal yang banyak, bahkan waktunya yang terbatas, tetapi ketika proses pengerjaan kamu dilakukan dengan strategi yang tepat tentunya bisa membantu dalam menyelesaikan soal ujian tersebut.

3. Semakin Fokus pada SNBT

Ketika kamu menyelsaikan berbagai ujian akhir di SMA, tentunya kamu memiliki waktu untuk mulai belajar dalam mempersiapkkan SNBT. Namun jika belajar sendiri akan sedikit kesulitan, ditambah terkadang motivasi naik turun.
Dengan mengikuti bimbel masuk PTN pastinya akan membuatmu semakin fokus dalam mempersiapkan SNBT.

4. Memiliki Mentor yang Berpengalaman

Selain belajar soal soal UTBK, tentunya ada mentor yang bisa menjadi fasilitator bagi kamu, mentor juga dapat kamu jadikan teman dalam berdiskusi ketika kamu sedang mengalami kesulitan. dengan pengalaman mentor yang dimiliki.
Kamu akan mendapatkan trik jitu seperti rumus khusus maupun kata kunci untuk menjawab berbagai soal dengan mudah.

5. Semakin Percaya Diri ketika menghadapi SNBT

Jika sebelumnya kamu kurang pede ingin melanjutkan pendidikan ke PTN melalui SNBT, kini hal itu tidak akan terjadi lagi.  dengan mengikuti Bimbel kamu akan semakin percaya diri ketika mengikuti  seleksi SNBT.
Perlu kamu ketahui jika SNBT merupakan pilihan untuk kebanyakan calon mahasiswa agar mahasiswa memperoleh kesempatan untuk melaju ke PTN. sehingga kamu perlu memiliki periapan secara matang.

Keunggulan, Fitur dan Fasilitas UTBK di Ruangguru

Kebetulan banget buat teman- teman yang sedang mencari tempat bimbel persiapan tes skolastik saya merekomendasikan untuk memilih Ruangguru untuk mempersiapkan UTBK.

Berikut adalah beberapa Produk yang telah disediakan Ruangguru untuk mempersiapkan kamu lolos di UTBK, diantaranya:

1. Ruang belajar (Video Belajar)

Lebih mudah paham dengan video belajar adaptif dan rekomendasi belajar
  • Strategi belajar umum:
–  Persebaran materi
– Optimalisasi waktu
– urutan penguasaan materi
– Rekomendasi rencana belajar mingguan dari Master Teacher
  • Pembahasan soal 8 tahun terakhir
  • Prediksi Soal UTBK 2023
  • Konsep Kilat
  • Bedah tipe Soal

2. Brain Academy Live Teaching

Denfan fasilitas terlengkap dan dukungan Star Master Teacher, dijamin kamu akan makin mantap untuk menjawab soal-soal UTBK
  • 200+ Jam live Teaching Persiapan UTBK
  • 25.000+ Video belajar SMA dari persiapan UTBK
  • 9000+ Soal latihan dan pembahasan UTBK
  • 10+ tryout UTBK dengan prediksi peluan kelulusan
  • Tes Minat dan Bakat serta layanan Konseling

3. Brain Academy Tatap Muka

Dapatkan Pembelajaran UTBK Intensif dengan fasilitas modern dan terintegrasi sesuai protokol kesehatan tersebar di lebih dari 60 cabang se-indonesia
  • Sterilisasi Berkala
Area Gedung Brain academy secara berkala dibersihkan dan disterilisasi
– Air Purifer : Kelas dilengkapi air purifer untuk membasmi virus dan bakteri
– Desinfeksi rutin : Brain academy melakukan desinfeksi gedung setiap hari
  • Smart Classroom
Ruang kelas dilengkapi fasilitas modern dengan kapasitas maksimum 25 siswa
– Terintegrasi Teknologi

Menggunkan platform Ruangguru untuk mendukung metode belajar online
– Wifi

Menunjang aktivitas belajar yang membutuhkan koneksi internet
  • Cozy Lounge
Area Lobi yang luas, dilengkapi Ac, dan penerangan Cukup

4. Ruangguru Privat

Belajar UTBK dengan Pengajar Privat di Ruangguru Privat

  • Les Privat ekslusif dengan pengajar terbaik lulusan universitas terkemuka
  • Bebas atur sesi, jadwal, dan kriteria pengajar yang kamu mau
  • Tersedia les privat untuk segala jenis mata pelajaran yang diujikan di UTBK

5. Ruanguji

Simulasi Tryout UTBK asli setiap minggu di ruanguji

  • Soal Mirip dengan UTBK sebenarnya
  • Pembahasan soal setelah try out
  •  Penilaian dengan sistem IRT (Item Response Theory)
  • Analisis peluang diterima di jurusan pilihan
  • Analisis Materi yang perlu ditingkatkan 
  • Grafik Tryout

Tips Berlangganan UTBK Ruangguru  agar Lebih Terjangkau

Apakah Masih Terlalu mahal di Bembel Ruangguru?

Jika masih Terlau Mahal kamu bisa menambahkan kode mitra saya yaitu “PELAJARPRESTASI” saat berlangganan Ruangbelajar di Ruangguru. kalian bisa mendapatkan diskon hingga 62% sehingga sisa uangnya bisa kamu tabung ya.
Kamu bisa memakai kode “PELAJARPRESTASI” disemua platform pembelajaran di ruangguru masukan di kode kupon dan dapatkan potongan harga agar lebih terjangkau.
Yuk kamu bisa ajak teman, sahabat atau kerabat untuk mencantumkan kode referral agar bisa mendapatkan Diskon Ruang Belajar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top