Memilih Gap Year dan Berhasil Mewujudkan Impian Kuliah di PTN dengan Bantuan Ruangguru

Setiap orang pastinya memiliki cita – cita yang ingin untuk diraih. begitu juga dengan saya, ketika kelas satu SMA saya sudah menargetkan untuk bisa berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan program studi di Ilmu Komputer.

mempunyai cita – cita agar bisa masuk ke UGM berawal dari kakak saya yang gagal masuk di UGM di jurusan teknik kimia dan biologi. Waktu itu saya masih sekolah MTS atau setara SMP,sehingga masih belum begitu tahu mengenai perguruan tinggi. dari kegagalan kakak, saya mencoba mencari informasi mengenai UGM.
Setelah mencari informasi tersebut saya baru tahu bahwa UGM adalah salah satu kampus TOP di indonesia. sehingga persaingan yang cukup ketat karena diperebutkan dari berbagai daerah di indonesia. saat mengecek rata – rata skor UTBK untuk masuk di UGM dibutuhkan sekitar 650 .
Saya bahkan sempat menempelkan mulai dari gambar logo UGM dan skor UTBK yang harus saya dapatkan untuk bisa masuk di UGM di kamar pribadi. jadi ketika bangun tidur saya sudah melihat logo UGM di depan mata. hal itu saya lakukan agar lebih bersemangat untuk belajar materi sbmptn.

Mengikuti Jalur Masuk Perguruan Tinggi

SNMPTN 2020

Saya bukanlah siswa berprestasi sewaktu SMA peringkat di kelas rata – rata hanya mencapai 10 besar tetapi saya bersyukur mendapatkan kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 menjadi 50 siswa dengan nilai tertinggi di MAN.
awalnya cukup kaget saya bisa masuk kuota di SNMPTN setelah saya lihat rata – rata raport ternyata masih di angka 83 . tentu kurang apabila saya gunakan untuk mendaftar di SNMPTN untuk UGM.
Akhirnya saya memilih Universitas Negeri Malang di Pilihan pertama dan Universitas Negeri Jember yang berada di Posisi kedua. setelah pengumuman tiba SNMPTN 2020 saya gagal Saya tidak lolos di SNMPTN 2020.

SBMPTN 2020

Ketika saya melihat rata – rata raport hanya 83, saya tidak memiliki ekspektasi lebih untuk lolos di SNMPTN. saya juga pernah berkonsultasi di tanya jawab ruangguru, untuk menanyakan kira – kira saya lebih baik fokus di UN atau di SBMPTN. ternyata tutornya menjawab lebih baik fokus SBMPTN.
Pada bulan januari saya sudah mulai belajar SBMPTN dengan 5 buku bekas wangsit tahun 2017  yang saya beli di tokopedia saya tidak bisa membeli buku yang versi terbaru karena harganya terpaut tinggi kisaran 300 lebih untuk versi lengkap dari TPS, dan TKA (Tes Kompetensi Akademik)
Pada SBMPTN 2020 saya memilih 2 perguruan tinggi yaitu Universitas Gadjah Mada dengan Prodi  teknologi informasi dan Universitas Jember dengan prodi Teknologi Informasi.  saya memilih teknologi informasi saya kira kursinya lebih banyak dibanding ilmu komputer. sehingga saya memilih prodi tersebut.
Kesalahan di SBMPTN 2020 saya lebih berfokus di TKA terlebih dahulu. saya kira dulu soal yang susah saya pelajari dulu baru yang mudah. ternyata pihak LTMPT  memberikan pengumuman bahwa telah menghapus TKA di SBMPTN dan hanya TPS yang diujikan. tentu ini adalah hal yang kaget bagi saya. buku bekas yang saya beli di tokopedia kebanyakan adalah materi TKA.
waktu itu seperti terpontang – panting karena tidak ada arah dan tujuan belajar dimana. meskipun begitu saya tetap mengikuti SBMPTN 2020 dan tempat tes di Universitas Jember saya diantar oleh Ayah saya berhubung waktu tes siang saya berangkat dari banyuwangi sekitar pukul 06.00 kurang.
Mungkin hasilnya sudah bisa ditebak karena usaha saya kurang maksimal ditambah tidak ada sumber belajar yang menjadi pedoman akhirnya pengumuman SBMPTN 2020 diumumkan, dan berikut adalah hasilnya:

Jalur Mandiri

Setelah hasil dari SBMPTN muncul hasilnya bahwa saya gagal masuk PTN impian saya, sedih itu pasti. tapi saya mencoba tegar dengan mencoba ikut jalur mandiri dari Universitas negeri sunan kalijaga.
jalur mandiri menggunakan skor UTBK sehingga saya tidak perlu melakukan tes lagi. saya memilih Program studi teknik informatika di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. pengumuman jalur mandiri pun tiba saya ditolak ketiga kalinya di Jalur mandiri.

Memilih untuk Gap Year

Memilih Gap Year tentu pilihan yang tidak mudah untuk saya lalui, saya harus menelan pil pahit yang tidak terpikirkan sebelumnya. Sebagai seorang muslim saya harus tetap bersyukur dan tetap berpikiran positif.
Perasaan Kosong itu ada karena biasanya kita bersekolah berangkat pagi pulang sore dan malamnya belajar serta mengerjakan PR tiba – tiba aktivitas tersebut sudah tidak ada. Ada waktu sekitar 1 tahun saya harus memetakan berbagai aktivitas yang bisa menjadi lebih produktif dan fokus untuk mengejar PTN.

 

Ditolak di SBMPTN 2020 memang bisa membuat sedih. Bagiku sedih itu boleh asalkan jangan pernah berlarut – larut dengan kesedihan yang sama. Saya percaya ketika saya di tolak SBMPTN, mungkin Tuhan mencoba memberikan  hal menarik di dunia. Saya mencoba memetakan aktivitas saat gap year agar waktu luang cukup panjang tidak membuat saya lalai.
Berikut adalah aktivitas saya saat gap year, antara lain:

1. Penulis Blog

Blog yang sedang anda baca saat ini adalah hasil saat saya gap year. saya menuliskan berbagai artikel perguruan tinggi. mulai dari tips trik masuk perguruan tinggi, berbagai jalur masuk perguruan tinggi dan skor UTBK agar masuk di perguruan tinggi.
pengunjung di blog ini sempat ramai sampai menyentuh 30 ribu pengunjung setiap bulan. tentu ini suatu kabar menggembirakan bagi saya. yang pada awalnya tidak terpikirkan bisa mendapatkan pengunjung blog sebanyak itu.

2. Ikut Pelatihan Teknologi Informasi

Mumpung masih ada waktu, saya sempatkan untuk mengikuti pelatihan Teknologi Informasi yang jaraknya masih tidak terlalu jauh dari rumah saya. disana saya mempelajari mulai dari penggunaan software Corel Draw dan Adobe Photoshop.
Bisa bertemu dengan teman – teman baru di Pelatihan Teknologi Informasi menurutku suatu hal menyenangkan. pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 minggu atau 14 hari. dengan materi yang menurutku sangat bermanfaat mulai belajar membuat kemasan, logo dan mempresentasikan logo tersebut di depan teman – teman BLK.

3. Berkompetisi

Setelah mengikuti Balai Latihan Kerja saya mencoba bersama teman – teman BLK untuk mengikuti lomba membuat film pendek yang diadakan oleh PDIP Banyuwangi dengan tema lomba vlog desa pancasila.
tak disangka saya mendapatkan juara pertama dari lomba film pendek tersebut. tentu ini adalah hal yang membanggakan dan tidak terduga sebelumnya. pembuatan film pendek yang kurang lebih 1 minggu berhasil memenangkan lomba tersebut.

4. Jaga Warung

Selain melakukan aktivitas ketiga hal diatas saya juga untuk mengisi kekosongan waktu menjadi pelayan toko di warung sendiri.terkadang saya juga belanja di pasar atau ke toko grosir yang kemudian di jual di warung sendiri.
Saya memulai belajar berbisnis dari warung sederhana ini. dari memanfaatkan peluang seperti saat Ramadhan saya membuat angpao lebaran yang saya jual di warung sendiri dan itu berhasil, penghasilan yang saya dapat hingga 3x lipat dari modal awal.

5. Belajar Persiapan SBMPTN/UTBK dengan Ruangguru

 

Meskipun saya memiliki beragam aktivitas saya tidak boleh melupakan tujuan utama saya yaitu menyiapkan materi untuk bisa lolos PTN yang saya tuju. dengan menggunakan platform ruangguru saya mulai menyiapkan strategi agar bisa menyelesaikan ujian UTBK dengan sebaik – baiknya.
Diatas adalah tampilan profil saya saat menggunakan ruangguru, hal yang menarik di ruangguru adalah saya bisa memilih khusus untuk UTBK Center. disana saya bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan untuk menunjang saya untuk bisa mendapatkan nilai terbaik di UTBK nanti.

Apa Itu UTBK Center?

Pasti jika anda pengguna baru Ruangguru, pasti bertanya tanya apa sih kegunaan fitur UTBK Center di aplikasi Ruangguru?
UTBK Center adalah fitur yang disediakan oleh Ruangguru khusus untuk para pejuang UTBK. Nah dari fitur inilah kamu bisa mengakses semua fitur untuk persiapan UTBK dengan jauh lebih mudah karena disediakan hanya satu tempat.
Kamu bisa mendapatkan benefit dari menggunakan UTBK Center mulai dari tes minat bakat, belajar materi UTBK, Soal Latihan dan pengayaan dan hingga try out yang terjadwal. semua fitur – fitur unggulan ini hadir untuk mempersiapkan kamu untuk lolos di PTN IMPIAN.

Fitur-Fitur UTBK Center

Di UTBK Center terdapat fitur – fitur menarik yang ditujukan khusus untuk kamu para pejuang UTBK, berikut adalah fitur-fiturnya, antara lain:
Tes Minat dan Bakat
Dengan mengetahui minat bakat sangat penting sebelum kita memilih sebuah jurusan. jangan sampai kamu memilih jurusan karena cuma ikut – ikutan teman. memilih jurusan harus disesuaikan dengan minat dan bakat dengan begitu ketika berkuliah kamu akan lebih bersemangat.
Materi UTBK yang Lengkap
di UTBK center kamu bisa tahu persebaran materi UTBK. jadi ketika belajar kamu akan tahu materi apa saja yang sering keluar ketika UTBK itu berlangsung. dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan UTBK karena sudah tahu persebaran soal.
Selain mengetahui ada juga konsep kilat dan Adapto yang akan membantu kamu dalam mengerjakan soal UTBK. Adapto adalah video belajar adaptif yang alurnya dapat berubah-ubah sesuai dengan tingkat pemahaman kamu lebih interaktif.
Di UTBK Center kita bisa melihat pembahasan soal – soal UTBK tahun lalu dengan hal ini akan mempermudah kamu apabila menemui soal sama di tahun depan.
Latihan Soal
Bank Soal yang tersedia di UTBK Center sangat banyak. kamu bisa mengerjakan dengan berbagai kategori soal. bahkan semua soal tersebut bisa kamu print untuk dikerjakan di kertas.
Setelah selesai mengerjakan kamu bisa langsung melihat skor hasil pengerjaan dan informasi skor benar akan ditampilkan. selain itu kamu juga bisa mengerjakan ulan untuk melihat pembahasan untuk mengevaluasi kembali pemahaman kamu.
Try Out UTBK
Kamu juga dapat menguji kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi UTBK dengan mengikuti try out reguler, premium dan flexi dari Ruangguru. Try out dari Ruangguru sudah dirancang mirip seperti UTBK aslinya.
Dengan begitu kamu bisa mulai berlatih untuk mengerjakan UTBK, mulai dari manajemen waktu, serta mengukur kemampuan dalam menghadapi soal UTBK.
Kamu juga bisa menggunakan ruanguji untuk melakukan simulasi tes untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sehingga kamu lebih siap untuk mengerjakan UTBK.
Tips dan Strategi UTBK
Di UTBK Center  juga disediakan Tips dan Strategi dalam mengerjakan UTBK. tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan Soal. Dengan mengetahui tips dan strategi dalam mengerjakan UTBK nantinya dapat mengoptimalkan waktu dan meminimalkan kesalahan dalam mengerjakan soal.
Selain dengan mengetahui strategi yang tepat dapat mengurangi rasa cemas dan stres yang mungkin ketika saat menghadapi UTBK.

Apa itu Ruang belajar?

 

Nah selain UTBK Center, yang patut tidak boleh ketinggalan adalah Ruang belajar. ruangbelajar adalah sebuah platform dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1.200 total sub topik untuk semua jenjang.
Siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati serta sub topik yang ingin dikerjakan.
Di ruangbelajar saya memilih kelas UTBK & Ujian Mandiri
terdapat 4 pilihan yang bisa kamu pilih yaitu:
  1. Tes Potensi Skolastik
  2. Tes Literasi Persiapan Ujian Mandiri
  3. Tes Literasi
  4. Persiapan Kuliah
Berikut adalah keterangan lebih lengkap mengenai pilihan dari UTBK & Ujian Mandiri sebagai berikut:

1. Tes Potensi Skolastik

Pada Tes Potensi Skolastik terdapat sub menu diantaranya: Kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, dan pengetahuan kuantitatif

2. Tes Literasi

Pada menu tes literasi persiapan ujian mandiri terdapat sub menu diantaranya: Literasi dalam Bahasa Indonesia, Litearsi dalam Bahasa Inggris. dan penalaran matematika.

3. Tes Literasi Persiapan Ujian Mandiri

Pada menu tes literasi terdapat sub menu diantaranya: STAN dan SIMAK UI.  Sekolah kedinasan PKN STAN berada dalam wilayah kewenangan dan pengelolaan kementerian keuangan (Kemenkeu) sedangkan SIMAK UI adalah seleksi jalur mandiri dari Universitas Indonesia.

4. Persiapan Kuliah

Pada menu persiapan kuliah terdapat sub menu diantaranya: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. Dengan menu ini nantinya kamu akan mempelajari ilmu – ilmu eksata dari IPA atau IPS.
tentu pada hal ini sangat bermanfaat untuk SMK yang apabila melanjutkan SOSHUM atau SAINTEK. dengan persiapan kuliah akan benar – benar siap untuk menerima mata kuliah nantinya.

Menemukan Minat Baru

Selama Gap year tersebut saya menemukan sebuah minat baru yaitu bahwa saya menyukai bidang bisnis, manajemen dan informatika. melalui pengalaman menjadi pelayanan toko, belajar berbisnis angpau, aktif mengikuti kompetisi dan menyukai bidang teknologi seperti blogging. program studi yang cocok menurutku adalah sistem informasi.
Saat saya cek di Universitas Gadjah Mada ternyata prodi yang saya inginkan tidak tersedia. akhirnya saya berkonsultasi kepada teman sekelas saya hengki. dia sudah kuliah di Universitas Pendidikan ganesha, bali.
Saat saya cek ternyata universitas tersebut memiliki prodi apa yang saya inginkan akhirnya pada SBMPTN 2021 saya memutuskan untuk memasukkan UNDIKSHA sebagai kampus pilihan pertama dan kedua. dengan prodi sistem informasi pilihan pertama dan prodi ilmu komputer sebagai pilihan kedua.
Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama saya juga mendaftar di Seleksi bersama Masuk Politeknik Negeri di Politeknik Negeri Banyuwangi dengan pilihan pertama teknik informatika. tes pada SBMPN lebih mudah karena hanya menyiapkan raport dan berbagai sertifikat prestasi yang perlu dilampirkan.
Pada SBMPTN 2021 saya tidak sendiri saya mengajak 2 Teman saya yang juga gap year yaitu fuad dan alvian. fuad berkeinginan masuk ke Universitas Negeri Malang dengan prodi pendidikan teknik mesin dan Alvian berkeinginan masuk di prodi Teknik Lingkungan di Universitas jember.

Hasil yang dicapai SBMPTN dan SBMPN

Akhirnya setelah 1 tahun mengalami gap year ini adalah pengumuman yang ditunggu – tunggu, dimulai dari pengumuman SBMPTN terlebih dahulu.
Pengumuman lolos SBMPTN di pilihan pertama:

 

Ketika pengumuman SBMPTN Tiba alhamdulilah saya diterima di pilihan pertama di program studi sistem informasi di Universitas Pendidikan Ganesha. saya benar – benar merasa bahwa Tuhan telah menjawab doa- doa saya. saya juga berterimakasih kepada orang tua saya yang telah memberikan waktu untuk saya untuk membuktikan bahwa saya bisa diterima di perguruan tinggi negeri.
Pengumuman menggembirakan juga datang dari teman saya Alvian dan Fuad. mereka berdua juga diterima di Perguruan tinggi yang mereka impikan. Alvian diterima di Universitas Negeri Jember dan Fuad diterima di Universitas Negeri Malang. Teman dalam kelompok belajar menurutku adalah suatu hal penting untuk saling menguatkan satu sama yang lain.
Pengumuman kedua pun muncul selang 2 minggu setelah pengumuman SBMPTN. saya juga bersyukur diterima di Politeknik Negeri Banyuwangi di Program studi Teknik Informatika. kalau tahun lalu ditolak karena tidak ada yang menerima. tetapi untuk tahun 2021 saya harus menolak salah satu.
pengumuman lolos di SBMPN di pilihan pertama
Setelah memikirkan matang – matang akhirnya saya tetap memilih Universitas Pendidikan ganesha untuk menjadi tempat saya menimba ilmu. menurutku dengan mengejar minat yang sudah saya temui ketika gap year bisa lebih semangat dan ilmu yang saya pelajari sewaktu berkuliah bisa bermanfaat bukan cuma saya tetapi mulai dari lingkungan sekitar bisa bermanfaat.

Berterimakasih kepada ruangguru

Tentunya saya sangat berterimakasih kepada ruangguru yang telah menyediakan fitur UTBK Center dan  fitur tersebut sangat bermanfaat untuk para gap year yang berkeinginan untuk lanjut di Perguruan Tinggi negeri (PTN). BIMBEL offline yang semakin mahal membuat saya berpikir ulang untuk mencari Alternatif bimbel yang secara teknis lebih membantu.
di samping itu karena rumah saya masih desa jadi sangat jarang ada bimbel offline. sehingga alternatif terbaik adalah dengan memilih ruangguru untuk menjadi teman berjuang SBMPTN.
Kamu bisa mengunduh aplikasi ruangguru di Google play atau Play Store dan memanfaatkan ruangbelajar dan UTBK Center untuk bisa masuk di perguruan tinggi negeri yang kamu impikan.

Kesimpulan

Dari gap year saya belajar banyak hal di luar akademik, seperti belajar tentang pengembangan diri, mencari pengalaman di dunia kerja, dan mencoba hal – hal baru yang belum pernah saya coba ketika MA. dengan hal tersebut saya semakin siap untuk menghadapi perkuliahan.
Pada akhirnya, saya memutuskan untuk memilih program studi sistem informasi di Universitas Pendidikan Ganesha. saya sangat bahagia dan senang dengan keputusan tersebut. saya merasa telah mencapai impian saya meskipun tidak di kampus yang saya inginkan sejak lama.
Saya sangat bersyukur bahwa saya tidak diterima di kampus impian saya sejak awal. pengalaman tersebut mengajarkan saya bahwa rencana hidup kita mungkin tidak selalu berjalan seperti yang kita harapkan, namun kita harus terus tetap berusaha dan tetap semangat dalam menggapai impian kita.
Saya sangat berterima kasih kepada platform Ruangguru yang telah membantu saya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN/UTBK. Materi yang disediakan di UTBK Center sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi.
Semoga cerita saya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk terus bersemangat dalam mengejar impian mereka dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan mereka.
Terimakasih kalimat terakhir jangan pernah takut mengikuti Seleksi masuk perguruan tinggi dengan Ruangguru.
Satu kelas program studi sistem informasi, universitas pendidikan ganesha.

20 thoughts on “Memilih Gap Year dan Berhasil Mewujudkan Impian Kuliah di PTN dengan Bantuan Ruangguru”

  1. Gap year human alasan untuk kehilangan semangat belajar. Bisa jadi jeda waktu bisa dipakai dengan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif. Apalagi sudah ada platform keren seperti ruang guru untuk meningkatkan skill

Comments are closed.

Scroll to Top