Kontribusi Nyata 54 Tahun Semen Tonasa Dari Negeri untuk Negeri dan Seluruh Dunia

Table of Contents
Dalam sebuah kutipan yang sering saya dengar adalah mengatakan,
Hidup bukan panjang pendeknya usia, 
tapi seberapa besar kita bermanfaat untuk banyak orang.
Dunia bisnis pada mulanya hanyalah usaha untuk mencapai suatu tujuan yang dapat dinilai dengan materi. Perusahaan akan berhasil apabila telah mencapai puncaknya yaitu perusahaan tersebut telah mencapai laba maksimum.
Angapan ini bertahan cukup lama, hingga tren tersebut berubah perlahan-lahan seiring dengan berubah pola cara pandang perusahaan menilai pencapaian sebuah tujuan.
Pada saat ini dunia bisnis mengenal mengenai istilah loyalitas pelanggan, serta goodwill perusahaan merupakan suatu bentuk pencapaian tertinggi suatu perusahaan. 
Goodwill  di suatu perusahaan dapat terbentuk apabila terjadi hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan, manajemen perusahaan yang baik, cara mengatur perusahaan yang baik cara mengatur jalannya perusahaan yang sistematis dan efisien, dan pelayanan perusahaan yang menarik para pembeli.

Kunci Perusahaan yang Ingin Berkelanjutan

Menurut John Elkington, perusahaan yang ingin berkelanjutan haruslah memperhatikan “3P”. Selain mengejar profit (Keuntungan(, perusahaan juga harus memperhatikan dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (People) dan turut berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (Planet).
Konsep 3P atau istilahnya adalah Triple Bottom line, yaitu : Profit, People, dan Planet.
Ketika menerapkan 3P tersebut maka akan tercipta Corporate Image. Menurut Rhenald Kesali (2003) Citra perusahaan yang baik dimaksudkan agar organisasi tetap hidup dan orang – orang didalamnya terus mengembangkan kreativitasnya dan bahkan dapat memberi manfaat dengan lebih berarti bagi orang.
Saya mencoba menilai Kinerja PT Semen Tonasa yang saat ini berusia 54 Tahun dengan menggunakan Konsep Triple Bottom line “3P”, yaitu : Profit, People dan Planet , serta bagaimana Kontribusi Semen Tonasa dalam membangun negeri.

Dirgahayu 54 Tahun PT Semen Tonasa

PT Semen Tonasa sudah memasuki umur 54 tahun telah melakukan kontribusi nyata untuk Negeri. 
PT Semen Tonasa adalah Produsen semen di wilayah Kawasan Timur Indonesia yang menempati lahan seluas 1.571 hektar di Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 Kilometer dari kota makassar.
PT Semen Tonasa memiliki empat unit pabrik, yaitu:
  • Pabrik Tonasa II
  • Pabrik Tonasa III
  • Pabrik Tonasa IV
  • dan Pabrik Tonasa V
Keempat pabrik diatas menggunakan proses kering dengan kapasitas masing -masing 590.000 ton semen per tahun untuk unit II dan III.
selanjutnya untuk unit IV mempu memproduksi 2.300.000 ton semen per tahun dan unit V  mampu memproduksi 2.500.000 ton semen yang diproyeksikan mampu men-support kebutuhan semen nasional.
Pabrik PT Semen Tonasa telah mulai memproduksi serta menjual semen di dalam negeri dan mancanegara sejak tahun 1968. 

Sejarah Singkat PT Semen Tonasa

Sebuah sejarah singkat yang panjang kalau dilalui oleh PT Semen Tanosa,berikut:
  • Proyek Tonasa I (1960)
Melalui Ketetapan MPRS NO.II/MPRS/1960 tanggal 3 Desember 1960 tentang Garis – Garis Besar pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana.
  • Pembentukan PERUM (1971)
Melalui Peraturan Presiden RI No. 54 tahun 1971, Presiden Republik Indonesia Bapak Soeharto menetapkan Pendirian perusahaan umum (PERUM) semen Tonasa
  • Pembentukan Persero (1975)
Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan bisnis pemerintah Republik indonesia indonesia menerbitkan peraturan pemerintah RI No. 1 Thun 1975 tentang pengalihan perum Semen Tonasa Menjadi perusahaan perseroan.
  • Pengembangan Pabrik (1980 – 1985)
2 september 1976, pabrik semen tonasa unit II dibangun dengan bekerjsama antara pemerintah RI bersama pemerintah kanada. 
selanjutnya pada 3 april 1985 pabrik  semen Tonasa Unit III yang merupakan kerjasama antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Jerman Barat mulai beroperasi karena kurang efisien Tonasa I diberhentikan.
  • Pelepasan Saham Pemerintah (1991 – 1995)
Pemerintah menjual 100 persen sahamnya di PT Semen padang dan PT Semen Tonasa kepada semen Gresik, untuk membayar saham yang menjadi haknya di PT Semen Gresik.
Dengan begitu, PT Semen Gresik dengan valuasinya telah melantai pada bursa saham pada tahun 1991.
  • Pengembangan Pabrik dan Fasilitas Pendukung (1996)
Pada 1996 Tonasa IV beroperasi dengan kapasitas 2,3 juta ton per tahun pada saat bersamaan beroperasi pula power plant 1 dengan kapasitas 2 x 25 MW. 
Empat unit pembangkit listrik tenaga uap atau broiler Turbin Generator (BTG) Power plant dengan kapasitas 2 x 25 MW dan  2 x 35 MW yang berlokasi di area pelabuhan Bringkassim, kabupaten pangkep, sekitar 17 km dari lokasi pabrik.
  • Pengembangan Pabrik dan Fasilitas Pendukung (2010 – 2013)
Fasilitas Coal Unloading system yang berlokasi di area Bringkassi diresmikan mulai 2010.
Kemudian, pebrik Tonasa V beroperasi secara komersil sejak 1 Februari 2013. Pabrik Tonasa V dan pembangkit Listrik 2 x 35 MW diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang  Yudhoyona pada tanggal 19 Februari 2014.
  • PT Semen Indonesia (Persero) TBK (2013)
Trnsformasi di segala bidang hingga perubahan nama pemegang saham PT Semen Tonasa menjadi PT Semn Indonesia (Persero) Tbk secara resmi pada tanggal 23 oktober 2013.

Visi PT Semen Tonasa

Menjadi Perusahaan Persemenan Terkemuka di Indonesia yang berwawasan Lingkungan

Misi PT Semen Tonasa

  1. Meningkatkan nilai Perusahaan sesuai keinginan stakeholders.
  2. Memproduksi semen untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan kualitas dan harga bersaing serta penyerahan tepat waktu.
  3. Senantiasa berupaya melakukan improvement disegala bidang, guna meningkatkan daya saing di pasar dan produktifitas perusahaan.
  4. Membangun lingkungan kerja yang mampu membangkitkan motivasi karyawan untuk bekerja secara professional.

Kontribusi PT Semen Tonasa Dari Negeri untuk Negeri

Bangunan  yang berdiri dengan Semen Tonasa

PT Semen Tonasa tiga Jenis Semen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti: Semen Portland Komposit, Semen Portland Pozzolan, dan Semen Porland Tipe 1. 
Meskipun hanya memiliki tiga jenis Semen, Semen Tonasa telah melakukan kontribusi nyata untuk membangun berbagai gedung – gedung mulai dari jembatan, Masjid, Bandara, Bendungan, Monumen, Under pass dan Menara.
Tentu gedung – gedung tersebut sesuai dengan tagline dari PT Semen Tonasa Kokoh, Kuat dan Terpercaya.
Berikut adalah informasi mengenai beberapa bangunan yang berdiri menggunakan semen Tonasa yang terkenal dengan Kuat dan Kokoh, berikut:

1. Jembatan Merah Putih 

Jembatan Merah putih diresmikan pada tahun 2016. membentang 1.140 meter, jembatan ini menjadi penghubung dua daerah yaitu Ambon utara dan Ambon selatan atau lebih tepatnya Desa Rumah Tiga di kecamatan sirimanu dan Desa Hative kecil di kecamatan  Teluk Ambon.

Kenapa Jembatan ini dinamakan jembatan merah putih?

Karena Maluku ini termasuk dari 7 provinsi yang mendirikan negara ini setelah merdeka. saat belum ada provinsi lain Maluku sudah jadi Provinsi yang mengakui indonesia.

Jembatan Ambon terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter
  2. Jembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter
  3. Jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter
Pembangunan jembatan ini memakan dana kurang lebih Rp772,9 miliar yang bersumber dari APBN secara multi years serta menggunakan 20.000 ton semen Tonasa.

2. Bandar Udara Internasional Hasanuddin, Makassar

Bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin adalah sebuah bandar udara internasional di Makassar, Sulawesi selatan. terletak 20 km (12 mil) timur laut dari pusat kota makassar dan dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I.
Bandar Internasional Sultan Hasanuddin terletak di perbatasan makassar dan Maros, Pinggiran kota di sulawesi selatan.

Jumlah penumpang di Bandara ini meningkat lebih dari enam kali lipat. Pada tanggal 8 Januari 2010, bandara ini meresmikan landasan pacu sepanjang 3100 m yang baru dibangun untuk penerbangan komersial.

Siapa sangka? Bandara Internasional ini dibangun dengan menggunakan Semen Tonasa.

3. Menara Phinisi, UNM Makassar

GPPA UNM atau lebih kita kenal dengan sebutan Menara Phinisi UNM merupakan gedung tinggi pertama di indonesia dengan sistem fasade Hiperbolic parabolic.

Yang merupakan ekspresi futuristik dari aplikasi kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. bangunan ini merupakan hasi dari sayembara perwujudan dari serangkaian makna, fungsi dan aplikasi teknologi yang ditransformasikan ke dalam sosok arsitektur.

Menara Phinisi terletak di Kampus Universitas Negeri (UNM) Gunung sari, Makassar, Jl Andi Pangerang Pettani, yang lokasinya tak jauh dari hotel Grand Clarion.

Menara ini hasil sayembara pada 2008. Pada saat pengumuman pada tanggal 13 Januari 20019, terpilihlah nama Yu Sing sebagai juara. ia mendapat hadiah sebesar Rp40 Juta serta karyanya direalisasikan.

4. Underpass Mandai Makassar

Pembangunan underpass ini berfungsi untuk mengatasi kemacetan di Simpang Lima Mandai dengan memisahkan lalu lintas ekonomi regional Makassar-Maros-Parepare dengan lalu lintas keluar-masuk Bandara Sultan Hasanuddin.

Underpass ini memiliki panjang efektif 1.050 meter dengan konstruksi terowongannya sepanjang 110 meter dan menggunakan semen Tonasa.
Pembangunan underpass ini menggunakan APBN Multiyear tahun anggaran 2015-2017 dengan biaya Rp 169,63 miliar. 

5. Monumen Mandala, Makassar

Monumen Mandala suatu tugu yang dibangun di Tanah Makassar tepatnya di Jl. Jenderal Soedirman. Monumen ini merupakan kenangan indah yang disumbangkan untuk menghargai soeharto sebagai Panglima Komando Pembebasan Irian barat.

Desain sangat unik  dan menarik karena monumen ini dibuat dengan segitiga sama ssi menyimbolkan Tiga Komando Rakyat (Operasi Trikora).

Pada bagian bawah monumen, terdapat relief lidah api yang menjadi simbol dari semangat Trikora. Selain itu ada 27 Patung batang bambu runcing sebagai simbol instrumen perjuangan fisik rakyat saat itu

Monumen ini terletak di kota makassar dan mulai di kunjungi para generasi muda tentunya dengan begitu bisa menambah wawasan para pengunjungnya mengenai peristiwa sejarah.

Peletakan batu pertama kali dilakukan oleh Menko Polkam saat itu yakni Soesilo Soedirman di tanggal 11 Januari 1994. hingga selesai pada tanggal 19 Desember 1995 Monumen ini diresmikan oleh presiden Soeharto secara langsung pada masa itu.

6. Masjid Terapung , Makassar

Masjid Amirul Mukmin adalah sebuah masjid terapung yang terletak di kawasan wisata pantai losari, Makassar, Indonesia.

Masjid ini berdiri di atas tumpukan beton yang didoring ke dasar laut menyerupai rumah adat tradisional sulawesi selatan.

Masjid ini dibangun tahun 2009 dan selesai dibangun pada 21 desember 2012 dan diresmikan oleh Jusuf Kalla

Masjid Amirul mukminin terdiri dari tiga lantai yang mengadopsi konsep modern kontenpoerer minimalis dan islami.

Lantai dasar untuk jamaah laki-laki. di lantai dua untuk jamaah perempuan. sedangkan lantai paling atas atau lantai tiga diperuntukkan bagi mereka yang salat sunah sendirian.

Dengan luas sekitar 1.648 meter persegi, Masjid Amirul mukminin mampu menampung hingga 400 – 500 jamaah didalamnya. 

Masjid ini terlihat kokoh dengan pondasi 164 tiang pancang di bawahnya. Terdapat 2 kubah yang bercorak mozaik gradasi biru dan putih mengkilat Serta dalam pembangunannya menggunakan Semen Tonasa.

7. Bypass CAMBA, Maros Bone

Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan Jalan Layang maros sepanjang 2,8 km yang berada di jalan lintas tengah sulawesi selatan yakni ruas Maros-Bone, 

Selesai pada september 2018, Jalan layang Maros dibangun untuk mengatasi kondisi jalan yang memiliki tanjakan dan tikungan tajam serta sempit sehingga rawan kecelakaan dan kemacetan panjang.

Dari total panjang 2,8 km, sepanjang 313 meter berupa konstruksi layang. Konstruksi layang dilakukan salah satunya karena kawasan tersebut merupakan kawasan hutan lindung serta merupakan jalur wisata.

Jalan layang ini merupakan paket pembangunan elevated road segmen I yang dikerjakan sejak Desember 2015 oleh BBPJN XIII. Biaya pembangunan sebesar Rp 169,74 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya kerjasama operasi dengan PT Hutama Karya.

Masih Ada Lagi, Kontribusi Semen Tonasa untuk Konstruksi?

tentu masih banyak, 7 hal diatas hanyalah beberapa kontribusi semen tonasa selama 54 tahun sejak berdirinya PT Tonasa.

Ada lagi bangunan – bangunan yang tidak disebutkan ketujuh diatas, dengan menggunakan semen Tonasa, seperti:

  1. Bendungan Bli-Bli (Gowa)
  2. Bendungan Balambano (Surowako)
  3. Jembatan Soekarno (Manado)
  4. Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali
  5. dst

Selain berkontribusi di bidang konstruksi atau pembangunan. PT Semen Tonasa tidak berhenti disana karena visi nya adalah “Menjadi Perusahaan Persemenan Terkemuka di Indonesia yang berwawasan Lingkungan”.

Salah satunya program unggulan yang berfungsi untuk mencapai visi PT Semen Tonasa adalah Corporate Social Responsibility (CSR) Berikut adalah informasinya:

Corporate Social Responsibility (CSR)

Industri yang baik dan berkelanjutan pastinya tidak cuma mementingkan profit dalam sebuah bisnis, tetapi juga memikirkan Sosial dan planet atau lingkungan.

Oleh sebab itu PT Semen Tonasa akhirnya meresmikan program Corporate Social Responcibility (CSR) tahun 2015 di lapangan Desa Bowong Cindea, Kecamatan Pangkep.

Program ini menjadi kegiatan rutin perusahaan sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar pabrik akan diadakan dalam bentuk berbagai kegiatan sosial di sebelas desa lingkar.

Berbagai bentuk kegiatan masyarakat seperti bedah rumah, fasilitas air bersih, penghijauan dan sebagaianya yang masuk dalam Rencana Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (RKPM).

Dimana setiap desa akan mendapatkan anggaran sebesar Rp300 juta dengan total yang digelontorkan sebesar Rp. 3,3 milar.

CSR di PT Semen Tonasa  memiliki lima program ,yaitu:

  1. Tonasa Mandiri
  2. Tonasa Cerdas
  3. Tonasa Sehat
  4. Tonasa Bersahaja
  5. Tonasa Hijau
Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai beberapa program CSR yang pernah dilkakukan oleh PT Semen Tonasa, antara lain:

CSR Tonasa Mandiri

Pada CSR Pertama yaitu CSR Mandiri merupakan bentuk partisipasi aktif perusahaan dalam kemandirian ekonomi masyarakat.
Berikut adalah beberapa Kontribusi PT Semen Tonasa pada CSR Mandiri, antara lain:
  1. Mendorong Kesejahteraan Mustahik, UPZ Semen Tonasa Serahkan Zakat ke Baznas 
  2. Ringankan Beban Korban Kebakaran, PT Semen Tonasa Kunjungi dan Serahkan Bantuan
  3. Dukung Pemenuhan Rumah Layak Huni, PT Semen Tonasa Serah Terimakan Program Bedah Rumah di kecamatan Bungoro
  4. Bantu Petani Sekitar Perusahaan, PT Semen Tonasa Telah Salurkan Kultivator kepada kelompok tani yang ada di Samaelo, Ciddokang dan Bontoa
  5. Dukung Program Pemberdayaan Masyarakat sekitar, PT Semen Tonasa Serahkan Bantuan Bibit Ikan Nila dan Mesin Paving Block di desa Taraweang.
  6. Semen Tonasa Bantu Usaha Ayam Petelur Binaan Berkembang Pesat
  7. Semen Tonasa Bantu Warga Korban Kebakaran di Balleanging
  8. Berdayakan Pemuda Setempat, Semen Tonasa Cetak Pengusaha Muda
  9. Peduli Bencana, Semen Tonasa Bantu Korban Kebakaran Di Kampung Macinna
  10. Puting Beliung Rusak Rumah Warga, PT Semen Tonasa Terjun Beri Bantuan

CSR Tonasa Cerdas

Pada CSR Kedua yaitu CSR Tonasa Cerdas merupakan Peran serta perusahaan secara aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Berikut adalah beberapa Kontribusi PT Semen Tonasa pada CSR Cerdas, antara lain:
  1. Penyerahan bantuan dana pendidikan kepada siswa/siswi berprestasi SD, SMP dan SMA yang berdomisili di sekitar Packing Plant Lapuko, Kabupaten Konawe Selatan. Senin, 18/11/ 2019
  2. Koperasi Karyawan Semen Tonasa Berikan Bantuan Dana Pendidikan ke Dekopinda Kab. Pangkep
  3. Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Semen Tonasa Gelar Pelatihan Peningkatan Keterampailan Manajemen Sekolah
  4. Seminar Motivasi Pendidikan dan Hibah Buku 2015
  5. Dirut Semen Tonasa, Jadi Pembicara Pada Seminar Pendidikan IKA PPSP IKIP Makassar
  6. PT Semen Tonasa Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Karyawan

CSR Tonasa Sehat

Pada CSR Ketiga  yaitu CSR Sehat merupakan Kepedulian perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat dan lingkungan.
Berikut adalah beberapa Kontribusi PT Semen Tonasa pada CSR Sehat, antara lain:
  1. Dukung Pemerintah, Semen Tonasa Terus Kebut Program Vaksinasi Covid-19
  2. PT Semen Tonasa Laksanakan kegiatan Donor Darah Bulanan
  3. PT Semen Tonasa Salurkan Bantuan Bagi Bayi Penderita Gizi Buruk di Pangkep
  4. Semen Tonasa Gelar Vaksinasi Keliling Bagi Masyarakat Sekitar Perusahaan
  5. Semen Tonasa Membangun Sinergitas Berkelanjutan, Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT Ke-53 Tahun
  6. PT Semen Tonasa Bersama Polres Pangkep Laksanakan Vaksinasi Keliling di Sekolah Sekitar Perusahaan
  7. Dukung Vaksinasi di Kepulauan Kab. Pangkep, PT Semen Tonasa Bantu Kotak Vaksin dan Oksigen Konsentra
  8. Sinergitas TNI-PT Semen Tonasa, Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pangkep Berjalan Sukses
  9. Semen Tonasa Serahkan Bantuan Baju Hazmat Ke RSUD dan Puskesmas di Kabupaten Pangkep
  10. Duka Flores Timur NTT: Tim Tanggap Darurat Bencana Semen Tonasa serahkan bantuan Alkes dan Obat-obat

CSR Tonasa Bersahaja

Pada CSR Keempat yaitu CSR Bersahaja merupakan Kepedulian perusahaan terhadap kondisi sosial dan peran serta aktif terhadap pengembangan aspek seni dan budaya serta olah raga.
Berikut adalah beberapa Kontribusi PT Semen Tonasa pada CSR Bersahaja, antara lain:
  1. Semen Tonasa sumbang Al-Qur’an Braille Bagi Tunanetra
  2. Dirut PT Semen Tonasa Membuka Kejuaraan Kempo Tingkat Provinsi Sulsel
  3. Adakan Lomba P3K, PT Semen Tonasa Jadikan K3 Sebagai Budaya
  4. Sadar K3, Semen Tonasa Konsisten Gelar Lomba Tanggap Darurat

CSR Tonasa Hijau

Pada CSR Kelima yaitu CSR Hijau merupakan Pengejawantahan dari komitmen perusahaan dalam pelestarian alam secara berkelanjutan.
Berikut adalah beberapa Kontribusi PT Semen Tonasa pada CSR Hijau, antara lain:
  1. PT Semen Tonasa Dukung Pengembangan Wisata Desa Bulu Cindea
  2. PT Semen Tonasa Terus Galakkan Penghijauan Lahan Bekas Tambang
  3. PT Semen Tonasa Dukung Program G20 Dengan Menggelar Bersih-Bersih Pantai
  4. PT Semen Tonasa memperingati Hari Bumi Internasional dengan melaksanakan penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan di Danau Cinta, kawasan Tonasa Park, Minggu (28/4/19)
  5. PT Semen Tonasa menanam 500 pohon di kawasan Tonasa Park, Kecamatan Balocci, Minggu (25/11)
  6. PT Semen Tonasa menggelar penanaman pohon bambu di area Coal Unloading System (CUS), Jum’at, 29 Desember 2017
  7. Rangkaian HUT PTSemen Tonasa ke 49 tahun PTSemen Tonasa targetkan penanaman 20.000 Pohon
Itulah tadi beberapa program yang telah dilaksanakan oleh CSR PT Semen Tonasa tentunya dari yang saya catat masih ada lagi banyak kontribusi dari Semen Tonasa selama 54 tahun ini.
Dari CSR tersebut mengantarkan beberapa penghargaan yang didapat berikt beberapa pencapaian dari Prestasi hingga Sertifikasi dari PT Semen Tonasa

 Pencapaian 54 Tahun PT Semen Tonasa

Banyak prestasi yang telah didapatkan PT Semen Tonasa dan sebagian tidak saya tulis karena tidak mungkin dimuat disini semua mungkin anda bisa mengecek di halaman resmi PT Semen Tonasa.

Berikut adalah beberapa prestasi yang telah didapatkan PT Semen Tonasa, diantaranya:

  1. Industri hijau level 5
  2. SNI Award
  3. Annual Report Award
  4. Sustainability Report Award
  5. TOP CSR
  6. Indonesia Green AWARD
  7. ISDA Award
  8. Indonesia CSR Award
  9. Penghargaan TKMPN kategori Platinum Tim QIC Rhino (2021)
  10. Penghargaan TKMPN Kategori Platinum Tim QCP DR.CEMENT (2021)
  11. Penghargaan TKMPN Kategori Platinum Tim QCC The Young Father 3 (2021)
  12. Downtime Frequency on Electrical & Intrumentation of Kiln & Coal Mill Unit 5 dari Media Fajar (2021)
  13. Penghargaan Proper Hijau dari Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan pada tahun (2019)
  14. dan masih banyak lagi

Sertifikasi berarti membuktikan kepada bisnis atau organisasi yang telah berhasil lulus ujian, membuktikan fakta kemampuan melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.
Berikut ini adalah beberapa sertifikasi yang didapat PT Semen Tonasa, antara lain.
  1. SNI
  2. SUCOFINDO ISO 9001 NO QSC 00753
  3. SUCOFINDO SICS OHSAS 18001
  4. SUCOFINDO SICS ISO 14001 NO. EMS 000095
  5. SUCOFINDO SICS ISO 50001
  6. Sistem Manajemen Laboraturium (ISO/IEC 17025;2005)
  7. Sistem Manajemen Mutu – SMM (QMS ISO 9001:2008)
  8. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3:1996)
  9. ISPS CODE (International Code for the Security of Ships and Port Facilities)
  10. ISPS CODE (Sistem Manajemen Terintegrasi (Integrated Management System-IMS) Code for the Security of Ships and Port Facilities)
Sebagai BUMN yang telah berjalan kurang lebih 60 tahun, Semen Tonasa telah memiliki beragam penghargaan dan sertifikasi yang diakui baik secara nasional maupun internasional.

Produk dan Layanan PT Semen Tonasa

Di PT Semen Tonasa menyediakan beragam semen untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda diantaranya:

  • Semen Portland Komposit
Semen Portlan Komposit adalah bahan peningkat hidrolis hasil penggilingan bersama terak semen portland dan gipsum dengan satu atau lebih bahan organik, atau hasil pencampuran bubuk semen Portland dengan bubuk bahan anorganik lain.
  • Semen Portland Pozzolan 
adalah semen hidrolis yang terdiri dari campuran homogen atara semen portland dan Pozzolan halus, yang diproduksi dengan menggiling klinker semen portland dan pozzolan bersama-sama atau mencampur secara rata bubuk Semen Portland dan Pozzolan atau gabungan antara menggiling dan mencampur, dimana kadar pozzoland 15-40% massa Semen Portland Pozzolan.
  • Semen Portland Tipe 1
Semen Prtland Tipe 1 adalah semen hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak dan gipsum. Semen Portland Tipe 1 Produksi perseroan memenuhi persyaratan SNI 2049-2015 Jenis 1 dan ASTM C150-2004 Tiper 1.
Semen Jenis ini digunakan untuk bangunan umum ddengan kekuatan tekanan yang tinggi (Tidak memerlukan persyaratan khusus), seperti bangunan bertingkata tinggi, perumahan, jembatan dan jalan raya, landasan bandar udara, beton pratekan, bendungan, elemen bangunan seperti genteng, hollow, batako, paving block dsb.

Keunggulan dari Semen Tonasa

Berikut ini adalah beberapa keunggulan lain yang dimliki oleh semen Tonasa, antara lain:
  • Unit Pabrik
Memiliki 4 Unit pabrik untuk kegitan produksi
  • Pelabuhan khusus
Kegiatan Distribusi didukung dengan pelabuhan khusus.
  • Unit Power Plant
untuk menunjang kegiatan produksi, memiliki 2 unit power plant
  • Puluhan tahun
Beroperasi sejak 5 Desember 1960 membuat kaya akan pengalaman
  • Unit packing plant
Kegiatan packing ditunjang dengan 11 unit packing plant
  • Inovasi untuk kemajuan
Terus bergerak maju untuk menciptakan inovasi bagi bangsa

Penutup

Tentunya Ucapan Terimakasih kepada PT Semen Tonasa akan datang dari berbagai kalangan mulai dari akademisi, masyarakat dan negara.
Karena berbagai kontribusi telah dilakukan oleh PT Semen Tonasa dan telah berhasil menjadi Industri yang berkelanjutan, yaitu berhasil menerapkan 3P (Profit, People and Planet) lewat program CSR tentunya sangat membantu masyarakat sekitar.
Tak lupa Penghijauan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari beasiswa, hingga pemberian bantuan ketika ada bencana, musibah dan lain sebagianya telah dilakukan oleh PT Semen Tonasa.
Pada Ulang tahun ke 54 di PT Semen Tonasa memberikan Judul “Tumbuh Dalam Harmoni Terbarukan” Benar – Benar telah dilakukan.
Terimakasih Kepada PT Semen Tonasa yang telah berkontribusi untuk negeri ini karena tidak penting seberapa panjang umur tapi seberapa kebermanfaatan nilai yang tercipta itu lebih penting dari yang lain.

Testimonial

Company Profile PT Semen Tonasa

Source:
https://www.sementonasa.co.id/profil-perusahaan/
https://www.sementonasa.co.id/sertifikasi-dan-penghargaan/
https://www.sementonasa.co.id/sejarah-perusahaan/
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3180

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top