Berpikir Layaknya Investor untuk Berinvestasi Teknologi di Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Series

Table of Contents

Tiba – Tiba ada sebuah suara pesan masuk ke grub chat Whatsapp. *Checkring*

Informasi tersebut berisi tentang akan ada acara seminar mengenai pasar modal di Singaraja, Bali. Ketika pertama kali membaca berita tersebut lansung aku mengajak Hengki dan mas nanang teman kost ku.

Maklum karena  sebenarnya asal ku di suatu desa di daerah banyuwangi, yang mana sangat jarang ada acara seminar seperti itu.

Memiliki latar belakang Kuliah Informatika. membuat ku berkeinginan untuk belajar hal baru di luar program studi salah satunya pasar modal.

Pada hari sabtu, 24 september 2022 adalah hari seminar pasar modal itu diadakan. aku berangkat pukul 09.50 WITA acara seminar tersebut di mulai pada jam 10.00 WITA.

karena jaraknya cukup dekat dari kostku sehingga aku berangkat kurang dari 10 menit sebelum acara tersebut diadakan.

Aku bersama hengki menaiki sepedah motor dan mas nanang yang dari bondowoso mengendarai sendiri sepedah motornya.

Seminar tersebut berlokasi di Ranggon Sunset Point Bar & Resto di dekat pantai penimbangan. sebelum memasuki pantai kami disuruh membayar Rp4.000 untuk memasuki pantai tersebut.

Sekitar Pukul 10.20 WITA kami baru sampai dilokasi untunglah acaranya belum dimulai dikarenakan kami agak binggung dengan lokasi yang diberikan alhasil hengki membuka gmaps untuk mengecek lokasi seminar tersebut.

Sebelum memasuki tempat seminar kami disuruh memilih makanan dan minuman. dengan sigap kami menggambil sebagai sarapan bukan camilan karena belum makan tadi pagi. hehehe

(Setelah itu pembicara 1 dan 2  mulai menerangkan mulai dari apa itu pasar modal, jenis – jenis pasar modal, pentingnya investasi di usia muda, teknik analisis saham teknikal dan fundamental  serta menerangkan mengenai perusahaan sekuritas. kami sangat menyimak dengan baik apa yang dibawakan oleh pemateri tersebut. seminar tersebut selesai  sekitar pukul 12.30 WITA)

Setelah seminar tersebut selesai kami pulang ke kost. saya masih bergumam dalam batin mengenai salah satu analisis fundamental dalam menganalisa saham.

Berpikir Layaknya Investor

Kenapa Saya masih memikirkan analisis fundamental?

karena analisis tersebutlah bisa membuat kita berpikir layaknya seorang investor sesungguhnya. Contohnya saja orang terkaya di dunia Warren Buffet dan Benjamin Graham menggunakan analisa fundamental dalam berinvestasi saham.

Analisa Fundamental adalah teknik analisa yang memperhitungkan berbagai faktor. mulai dari kinerja perusahaan, analisis persaingan usaha, analisis industri, analisis ekonomi dan pasar makro-mikro. dari pengecekan tersebutlah. investor harus bisa mengetahui mana perusahaan yang dalam kondisi baik dalam investasi.

Salah satu Mindset dalam berpikir menjadi investor adalah Mindset Analyst. Mindset ini sangat penting bukan hanya didunia investasi saja tetapi berbagai profesi diperlukan Mindset Analyst ini agar kita mempunyai keunikan yang berbeda dengan pesaing atau kompetitor.

Menjadi  Mindset Analyst bisa belajar melalui  menganalisa  bisa melalui mengikuti seminar/pelatihan, membaca buku, Belajar dari orang lain (dituntut untuk menjadi manusia pembelajar), sehingga kemampuan analisa ini dapat mendukung kita di dunia proffesional.

Mindset Analyst dalam Mencari Smartphone Terbaik untuk Gaming

Dalam Memilih sebuah Smartphone terbaik untuk game dibutuhkan sebuah Mindset Analyst, karena dalam membeli smartphone apalagi dengan tipe gaming tidak hanya berfokus pada daya pacu smartphone tersebut.

Tetapi ada banyak faktor x yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sebuah smartphone. Jadi dalam membeli smartphone janganlah hanya ikut – ikutan trend melainkan analisislah dalam membeli sebuah smartphone.

Bermain game di HP yang memiliki kapasistas Daya Pacu yang kurang atau sekarang lebih di istilahkan HP spek Kentang.
Pasti menimbulkan masalah lain. Bukannya kita senang dan seru bermain game malah frustasi karena HP sakit – sakitan kayak tiba tiba layar Freeze, Force Close, Kapasitas Penuh, Performa turun yang akhirnya smartphone bisa terbang  karena dilempar pemiliknya udah gak kuat dengan HPnya.
(uhh jangan sampek deh)

Berikut ini Lho masalah – masalah Umum karena kita menggunakan HP dengan Spek Kentang, antara lain:

1.  Smartphone cepat panas (Overheat)

Overheat secara sederhana disebabkan oleh pergerakan arus listrik secara terus-menerus didalam perangkat handphone sehingga memicu panas.

Overheat atau kondisi mengeluar panas berlebih pasti pernah dialami oleh pengguna handphone. Akan tetapi, ada kalanya panas yang ditimbukan tidak normal disebabkan karena bermain game berat di Ponsel dengan sepesifikasinya terlalu rendah.

Akibatnya komponen seperti CPU, GPU dan baterai bekerja terlalu keras kemudian menghasilkan Panas.

2. Main Berjam – jam apakah bisa?

Saat menjalankan game berat pada Hp Spesifikasi rendah. pastilah membutuhkan daya yang cukup besar untuk dipakai dalam menjalankan game.

yang biasanya dipakai untuk Chatting dan Sosmed 6 Jam. Jika digunakan untuk bermain game berat hanya bisa bertahan 1,5 – 2 Jam saja sudah low bat.

Mungkin bisa disiasati dengan charger. sehingga disebut – sebut manusia charger karena kemanapun pasti membawa charger.

Dengan memakai charger dan Main Game pastinya lebih cepat ponsel mengalami overheat.

3. Layar bikin mata pedih

Layar pada Ponsel Spesifikasi rendah biasanya tidak ada perlindungan layar. apalagi saat asik – asiknya bermain game  dalam waktu 1 jam bisa saja mata lelah dan bahkan pusing karena menatap layar Ponsel.

Contohnya saja adanya fitur Eye Care Display yang berguna untuk perlindungan mata penggunannya tentu hal ini sangat berguna untuk mata kita saat bermain game.

Selain itu Resolusi yang kurang bisa menurunkan kualitas animasi, dan video game nya tentu hal ini menjadi batasan dalam bermain game.

Ketika pengalaman kurang enak saat bermain game berkumpul. 
Aku menemukan sebuah Ponsel Kelas Atas menjadi solusi atas masalah yang ku alami diatas Aku mulai memutar lagu Quinn  salman karna sangat relate tentang hal ini.
 Tiba-Tiba Aku Melayang
Cerita yang kualami
 kadang bikin aku kesal
 Tiba-tiba aku melayang
 menembus lapisan awan 

Kuhempaskan semua sedihku 
Aku terbang keatas bulan 
memeluk bintang-bintang 
Bahagia rasa hatiku

ASUS Republic of Gamers (ROG) pada tanggal 21 September 2022 mengeluarkan sebuah ponsel gaming seri asus ROG Phone 6 di indonesia dengan pilihan tipe ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.
Jimmy Lin, ASUS Regional Directopr Southeast Asia, mengatakan:
“ASUS ROG Phone 6 Series adalah inkarnasi sang legenda ponsel gaming yang tak tertandingi di dunia dengan performa yang jauh lebih ‘buas’ ketimbang pendahulunya. Semua dimungkinkan oleh ‘ramuan jitu’ antara performa Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa, dengan sistem pendinginan terbaru untuk permainan tanpa batas, layar 165Hz untuk visualisasi yang revolusioner, dan baterai besar 6.000mAh untuk gameplay lebih lama kapan saja dan di mana saja. Inilah momentum yang ditunggu-tunggu oleh para gamer Indonesia yang sudah tak sabar merasakan pengalaman gaming yang luar biasa melalui ponsel ini.”

Kebanyakan Smartphone Gaming biasanya hanya mengandalkan performa saja. Beda dengan Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 series ini.
Selain Mempunyai Performa ‘Buas’ didalam ponsel ini terdapat fitur-fitur cerdas yang dihadirkan ASUS ROG  untuk memperbaiki lingkungan saat bermain game Sehingga saat bermain game lebih seru dan asik.
Mulai dari ROG Vision, GameCool 6 Cooling system, AeroActive Cooler 6 untuk pembuangan panas, Baterai ‘Monster’ yang memiliki desain unik, Air Trigger 6, GameFX audio, Ultrasonic Buttons dan Kamera Terbaik dibandingkan diponsel gaming apapun.
Kamera dari Ponsel Asus ROG Phone 6 Series sangat menarik untuk kita bahas disni karena sudah mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini dapat melakukan perbesaran 2x lossless  asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Dengan begitu kita bisa mengahasilkan foto Ciamik hanya berbekal sebuah ponsel gaming.
Dalam Mencari dan Membeli  kita tidak boleh membeli Ponsel hanya ikut – ikutan tren.
Nah, Sekarang saatnya kita melakukan Analisis Berpikir layaknya seorang Investor dengan Mindset Analyst kita memperkirakan Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 Series.  Apakah akan memberikan Value , benefit  dan Apakah Worth It untuk kita beli?
Kita ada 3 Level untuk menguji apakah Ponsel ASUS ROG Phone 6 bisa Rise above the crowd yang Maksudnya apakah Ponsel ini berhasil keluar dari kerumunan Ponsel – Ponsel gaming lainnya? tanpa mengikut tren, berhasil menampilkan sebuah Ponsel Gaming kelas atas yang memiliki inovasi tingkat tinggi yang tidak bisa dijangkau oleh pesaingnya.
Level 1 :  Fundamental  Smartphone  Gaming Asus  ROG
Level 2 : Standart Terbaik Smartphone  Gaming Asus ROG Phone 6 Series
Level 3 : Fitur – Fitur Pendukung di Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Series

Are You Ready?

Let’s GO

Sebelum menilai dari komponen dan fitur pendukung pada Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 Series. Alangkah baiknya menilai dari sisi Pelayanan dan track record.

Level 1 : Fundamental  Smartphone  Gaming Asus  ROG Phone 6 Series

  1. Track Record Smartphone Gaming ASUS ROG 
  2. Garansi Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 6 Series
  3. Dukungan Update Android ROG Phone 6 Series

Bagiku mencari sebuah smartphone bukan cuma produk nya saja yang bagus seperti Prosesor, ram, Rom, dan Fitur Pendukung. Melainkan Memiliki pelayanan bagus akan menciptakan smartphone semakin dicintai oleh penggunanya.

Mulai dari cara Klaim Garansi yang mudah mendapat update driver android semisal 2 – 3 tahun sehingga meskipun kita membeli tahun 2020 kita tetap kebagian untuk mencoba android 12 karena dari vendor memberikan update.

Nah, Berikut ini adalah hasil analisa Fundamental Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 6 Series, antara lain:

1. Track Record Smartphone Gaming ASUS ROG

Awalnya Kelahiran dari Republik of Gamers (ROG) dibentuk pada 2006. Brand khusus gaming dari ASUS ini berkembang sangat cepat. 

Tujuan utama ialah untuk memberikan hardware yang paling hardcore dan inovatif untuk gamer yang berdedikasi.

Selain Laptop produk andalan ASUS ROG adalah ASUS ROG Phone, di mana smartphone generasi pertama ini muncul pada 2018.

  1. ASUS ROG Phone ZS600KL – 2018
  2. ASUS ROG Phone II ZS600KL – 2019
  3. ASUS ROG Phone 3- 2020
  4. ASUS ROG Phone 5 – 2021
  5. ASUS ROG Phone 6 – 2022

Kemunculan dari tiap seri ROG Phone selalu dinanti-nantikan oleh penggemarnya karena ROG Phone selalu menampilkan apa yang terbaik untuk para pelanggannya.

seperti selalu memiliki desain yang gaming banget dan layar apik, kualitas suara juga terbaik, selain itu didukung performa dan fitur level tinggi, daya baterai awet dan  kamera yang mumpuni jika kita bandingkan dengan HP gaming yang sejenis.

2. Garansi Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 6 Series

Keberadaan Service center menjadi hal yang sangat penting karena secanggih, setangguh dan mempunyai fitur pendukung apapun Ponsel yang kita gunakan pasti memiliki resiko.

eits tenang itu beda ceritanya dengan ASUS ROG. ASUS sendiri memiliki Service center ASUS yang tersebar di berbagai provinsi di indonesia mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, yogyakarta dan semarang.

Bahkan menurut penilaian situs pricebook ASUS memiliki layanan service center terbaik karena lokasi service center ASUS tersebar di seluruh kota besar di indonesia.

Namun ingat untuk kerusakan yang diakibatkan dari kelalaian pengguna seperti terjatuh di jalan atau air tidak termasuk ke dalam klain garansi.

Klaim garansi biasanya hanya berlaku karena kerusakan akibat cacat produksi yang tidak terdeteksi Quality Control (QC).

Cara Klaim Garansi Asus

  1. Hal pertama tentunya pastikan kerusakan bukan karena kelalaian pengguna. tidak disebabkan karena terjatuh atau terkena bencana alam.
  2. Pastikan anda telah melakukan pengecekan sisa masa garansi aktif terhitung dari waktu pembelian. anda bisa mengecek masa berlaku garansi asus. link berikut :  www.asus.com/id/support/warranty-status-inquiry/2020/09/cek-garansi-asus.html
  3. Siapkan perlengkapan dalam klaim garansi asus seperti: kartu garansi unit, dus book, nota pembelian dan perlengkan lainnya.
  4. Backup data jika memungkinkan.
  5. Dan datangi alamat Asus Service center resmi terdekat dengan rumah anda.

3. Dukungan Update Android ROG Phone 6 Series

Dukungan Update Android yang tidak tanggung – tanggung

Kita pelajari dari Pengguna Asus ROG Phone 3 meskipun ponsel ini di luncurkan ke pasar smartphone pada tahun 2020.
Sampai saat ini Pengguna dari ROG Phone 3 bisa melakukan update OS ke Android 12 dan membawa perubahan visual besar dengan sistem ZenUI.
Sebelum saat rilis ROG Phone 3 2020, pengguna diharuskan bersabar karena menggunakan Android 10 karena harus menunggu hampir setahun untuk Android 11 setelah rilis. Namun, setidaknya Perusahaan teguh dengan janjinya.

Jaminan dua tahun pembaruan Android. membuat ponsel yang kita gunakan tetap menggunakan fitur – fitur baru yang disediakan setiap pembaruan Android.

Setelah kita menganalisis dari sisi fundamental, di level 2 ini kita akan mencoba untuk menganalisis mengenai produk dari Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Serias.

Siapkan Catatan Kalian kita akan mulai perjalanan di level 2. Lets Go!

Level 2 : Standart Terbaik Smartphone  Gaming Asus ROG Phone 6 Series

  1. Layar Revolusioner untuk Gaming yang Imersif
  2. Performa  Prosesor yang tiada tanding dan Buas
  3. GameCool 6 Cooling System yang Canggih
  4. Baterai ‘Monster’ dengan Desain Unik
  5. GameFX Audio untuk Sound yang Imersif
  6. Kamera Terbaik Dibanding Ponsel Gaming Manapun

Ponsel yang kita kenal saat ini mungkin terdapat beberapa kategori besar, yaknik Flagship, high-range, mid-range, dan Low-end. Namun, setelah menjamurnya game – game di pasaran bahkan sampai melahirkan cabang olahraga baru yaitu e-sport. 

Hingga memunculkan kategori baru, yaitu gaming Smartphone.

Jika kita bandingkan antara Ponsel Flagship dan Ponsel Gaming mungkin hampir mirip – mirip. Bedanya, Walaupun Ponsel Flagship dilengkapi Chipset dan GPU terbaik. Ponsel flagship lebih mengutamakan efisiensi demi menghemat battery.

Beda dengan Ponsel gaming yang mengorbankan battery demi mencapai kinerja maksimal. Berikut ini kita akan tahu keistimewaan Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Series ini:

1. Layar Revolusioner untuk Gaming yang Imersif

Pengalaman Pengguna dalam mencoba game akan serasa dimanjakan karena pada Display sudah memakai layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci dari samsung dan disetel oleh ROG.
Selain kenyamanan dalam penggunaan, keamanan pada layar sudah diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat.
Buat kamu yang suka Push Rank hingga tengah malem tentu mata akan lebih sehat karena pada layar sudah dibekali dengan teknologi Eye Care Display, sehingga pengguna betah berlama-lama saat push rank game.
Dengan Rafresh rate maksimum 165Hz. Touch-sampling rate hingga 720 Hz dan latensi sentuh 23 ms menjadikan bermain game di ponsel ini lebih terlihat super mulus.

2.  Performa  Prosesor yang tiada tanding dan Buas

Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 hadir dengan performa yang juah lebih tinggi ketimbang pendahulunya berkat prosesor terbaru  Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Prosesor ini menghadirkan clock Speed CPU yang jauh lebih cepat, yakni 3,2 GHz.

Kombinasi CPU dan GPU Adreno 730 secara mengejutkan menciptakan kinerja CPU yang 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU meningkat 30 persen. untuk meminimalisir bottleneck, 
ROG Phone 6 series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18 GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512 GB. menjadikannya tangguh melahap game – game berat.

Dalam menilai kinerja saya menggunakan Skor AnTuTu Benchmark. Antutu Bencmark adalah aplikasi yang sudah dipercaya dalam menguji kemampuan smartphone secara tepat. dengan aplikasi ini, kita dapat mengetahui performa smartphone hanya dengan melihat skor yang didapatkan.

Untuk bermain game ditahun 2022 sebuah ponsel harus bisa melewati skor di atas 400 ribu kerena ini adalah skor minimum sebuah ponsel untuk bisa bermain game dengan lancar.

Diluar dugaan Kombinasi CPU dan GPU pada Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 menghasilkan Lebih 1 juta. dengan ini sudah menjadi bukti kalau smartphone ini memang benar – benar memberikan sebuah performa buas dalam melibas game – game berat.

Beragam Pengujian telah dilakukan di Ponsel Asus ROG Phone 6 Series, Berikut ini adalah beberapa hasil test dari  Benchmark result, Stres Testing, dan Work performers

  • Benchmark Result

Melalui pengujian Benchmark kita akan tahu seberapa jauh Ponsel Asus ROG 6 Series ini melesat.
Benchmark sendiri adalah sebuah proses menguji kemampuan smartphone dengan menggunakan program yang dirancang khusus.
Aplikasi Geekbench adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengukur seberapa hebat kemampuan smartphone. nantinya Geekbench akan menghasilkan dua skor yaitu kinerja single-core dan multi-core.
Hasil dari test Benchmark

Single- Core Score : 1312
Multi-Core Score   : 4285

  • Stres Testing

Selanjutnya adalah pengujian Strees Testing. Testing ini adalah teknik pengujian terhadap sebuah software.  Teknik ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan software saat digunakan melampaui batas operasi normal.
Hasil test:
Best loop Score : 2817
Lowest loop score : 2739
Stability : 97.2%

  • Work Performance

Pengujian Work 3.0 Performance untuk menunjukkan seberapa baik perangkat menangani tugas produktivitas umum seperti menjelajahi web, mengedit video, bekerja dengan dokumen dan data dan mengedit foto.
Hasil dari test ini ASUS ROG Phone 6 Series 
  • Work 3.0 Performance Score skor 17230
  • Web Browsing 3.0 Score 16551
  • Video Editing 3.0 Score 7658
  • Writing 3.0 Score 23290
  • Photo Editing 3.0 Score 41025

3. GameCool 6 Cooling System yang Canggih

Kira- kira, Apakah cukup dengan performa buas saja?

Jika mudah Overheat,gimana? kan fps mudah drop jika mudah overheat

tenang ya sob, Asus ROG  punya jawaban tentang hal itu. berkat teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling system yang mengagumkan.

Struktur internal pada sistem pendinginan ini ditingkatkan untuk pembuangan panas yang lebih efisien daripada sebelumnya. 

Sistem pendinginan CPU 360° yang baru telah didesain ulang lalu difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah. 

Dengan memanfaatkan metode ini untuk mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, kinerja pendinginan pun meningkat hingga 10 °C.

Cara Kerja Sistem pendingin Gamecool 6

4. Baterai ‘Monster’ dengan Desain Unik

Pada Ponsel gaming memiliki sebuah Baterai yang memiliki kapasitas besar, Awet dan Fast Charging adalah sebuah kombinasi yang tepat.

ASUS merancang ROG Phone 6 series dengan desain MMT yang unik karena terdiri dari dua baterai dengan kapasitas 3000 mAh. pemilihan desain ini adalah alasannya.

Tidak cuma bisa menurunkan suhu ponsel, desain ini bisa memungkinkan pengisian daya 65W. Desain ini akan memposisikan motherboard ditengah frame. 

Alhasil, akan menciptakan keseimbangan berat sempurna dan Asus bisa menanamkan solusi pendinginan yang unggul.

Dalam melakukan pengisian daya dari 0 – 100%. ROG Phone 6 bisa terisi penuh dalam 42 menit. mantep banget kan?

5. GameFX Audio sound yang imersif

Audio Sound pada Asus ROG Phone 6 series ini menempatkan Sound pada sisi depan pengguna selain itu memiliki fitur speaker ganda simetris untuk efek suara stereo yang benar benar seimbang, dan juga terdapat jack headpone 3,5 mm yang nyaman.

Pengalaman Sound di ROG Phone 6 ditingkatkan melalui pengaturan speaker yang canggih dan penyetelah yang luar biasa oleh dirac.
Sistem Audio GameFX ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-Magnet 12×6 simetris yang didukung oleh amplifer mono cirrus Logic CS35L45. 

GameFX memungkinkan kamu untuk menyempurnakan pita EQ untuk skenario berbeda sepeti game, musik atau bioskop, sehingga anda dapat menikmati efek suara jernih dan sound scapes aural yang kuat yang tidak dimiliki ponsel lain
Berkat terknologi snapdragon Sound™ dan aptX™ Adaptive codec, audio resolusi tinggi dan pemrosesan latensi super rendah dapat dicapai pada headphone Bluetoooth® nirkabel.
Snapdragon Sound™ juga menggunakan teknologi aptX™ Lossless untuk mempertahankan konten asli, sehingga menghasilkan musik yang identik dengan rekaman aslinya.
Bagaimana Teknologi yang dibenamkan ASUS ROG pada Ponsel yang ke versi 6 ini? tentu kualitas suara yang dihasilkan saat bermain game akan lebih terdengar dengan jernih dan bersih.

6. Kamera Terbaik Dibanding Ponsel Gaming Manapun

Meskipun ASUS ROG Phone 6 termasuk kategori ponsel gaming. Ponsel ini tidak  melupakan untuk memberikan kamera terbaik dibandingkan ponsel gaming apa pun.

Ponsel ini hadir dalam formasi tiga kamera belakang, kamera utamanya dibelakang dengan mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini menawarkan mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP.
Kamera ini dapat melakukan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. ia akan beralih digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah untuk menangkap cahaya yang cukup.
Kamera kedua adalah lensa sudut lebar 13 MP yang mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara realtime. sedangkan kamera ketiga adalah lensa makro 5MP. Adapun kamera depan beresolusi 12MP yang dapat merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung.

Di level 2 kita telah mempelajari kecanggihan Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 series selanjutnya kita akan menganalisis beberapa fitur – fitur pendukung yang terdapat di Ponsel ini.

Bagaimana Sudah Tidak Sabar Bukan?

Yuk, Let’s Go

Level Top 3 :Fitur – Fitur Pendukung di Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Series

  1. AeroActive Cooler 6 untuk Pembuangan Panas yang Optimal
  2. AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons
  3. ROG Vision yang bisa kamu atur sendiri
  4. Gamepad ROG Kunai 3 Main Game Jadi Seru
Tanpa Fitur Pendukung ibarat Lauk tanpa bumbu, menurut ku adalah analogi yang pas. Selain Mengandalkan produk yang canggih ternyata Asus ROG Phone 6 memiliki fitur – fitur pendukung dalam bermain game.
Mulai dari Aaero Cooler 6, Air Trigge, Ultrasonic button, ROG Vision dan Gamepad ROG kunai 3. sangat memanjakan saat bermain game. Berikut adalah analisa kami mengenai fitur – fitur canggih dan keren pada Asus ROG Phone 6 Series:

1. AeroActive Cooler 6 untuk Pembuangan Panas yang Optimal

Menjadi masalah utama dalam bermain game di ponsel adalah Overheat.  Saat terjadi Overheat tentunya berbagai efek samping akan bermunculan mulai dari Aplikasi tiba-tiba Force Close, Aplikasi berhenti dsb.

Tapi tenang di  ASUS ROG Phone 6 terapat teknologi untuk pembuangan panas secara optimal yaitu menggunakan AeroActive. AeroActive Cooler 6 hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin peliter, untuk mengoptimalkan pembuangan panas.

Teknologi ini berkomunikasi dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU 25 °C. 

Sehingga untuk kamu yang Push Rank Overheat pada ponsel bukan sebuah masalah berarti. mantap bukan?

Sistem Pendinginan AeroActive Cooler 6

Aksesoris AeroAactive Cooler 6 ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. pendingin dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung dengan Suhu CPU.

Untuk stabilitas jangka panjang, AeroActive Cooler 6 menggabungkan sistem pendingin aktif bertenaga AI, Menggunakan elemen pendingin Peltier yang memberikan pendinginan permukaan tambahan dengan kipas yang diposisikan tepat di atas lokasi sistem-on-a-chip (SOC).

2.  AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons

Memainkan Game lewat layar sepertinya sudah biasa ya. Bagaimana Jadinya jika kita bisa memainkan game melalui AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons?
Pastinya bermain game menjadi  lebih seru dan menarik karena kita mendapat kontrol maksimal. Itu sebabnya ROG Phone 6 Series diperkuat teknologi AirTrigger 6 yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, posisi yang lebih baik dan lebih banyak kontrol gerak.
Teknologi ini sudah dilengkapi dengan 18 titik sentuh spesifik. Hal baru di AirTrigger adalah Tekan & kiri yang memungkinkan pengguna memerakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan yang berbeda saat mengangkat jari dari tombol.
Tambahan baru lainnya adalah sekarang pengguna dapat menggunakan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu, lalu pengguna dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

3. ROG Vision yang bisa kamu atur sendiri

Pandangan pertama ketika melihat dari back cover akan terlihat ROG Vision di layar OLED 2inci akan menampilkan animasi yang dapat kamu sesuaikan untuk beberapa skenario

Seperti: Panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X dan sebagaianya.
Layar AMOLED bisa kamu aktifkan atau dinonatifkan. Selain itu warna dari Layar Amoled ini dapat disesuaikan dengan selera dan Style pengguna.
Pengguna bisa memilih animasi tertentu untuk menggambarkan skenario . ASUS sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro dan kalau belum cukup kamu bisa mengunduh lebih banyak atau membuat animasi di editor ROG Vision.
Desain Benar – benar bisa kamu rubah sesuai mood kamu, mantap kan?

4. Gamepad ROG Kunai 3 Main Game Jadi Seru

Main Game akan menjadi lebih seru karena kita seakan- akan punya konsol sendiri yang bisa dibawa kemana – mana.
Yaitu ROG Kunai 3 Gamepad, yang bisa menunjang kamu bermain game dengan leluasa dan kontrol maksimal. Kamu bisa memilih untuk menkoneksi Bluetooth atau USB.
Tentunya jika kamu menggunakan Kunai 3 Gamepad kamu akan menemukan User Experement yang berbeda seakan – akan bermain di konsol.
Terdapat 3 mode yang bisa kamu gunakan:

  • Handheld Mode
  • All-in one Mode
  • Mobility Mode

Harga dan Pembelian

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. 

Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. 
Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. 

 So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Rise of The Crowd Ponsel Gaming untuk Daily Driver dan Gamer

Akhirnya kita berada di penghujung artikel. Memiliki Mindset Seorang Investor ternyata sangat bermanfaat buat kita untuk mencari sebuah smartphone gaming.
Berpikir layaknya seorang Investor dalam hal ini berarti memikirkan apakah smartphone yang kita beli dalam waktu 2-3 tahun kedepan apakah masih wort it atau tidak.
Setelah kita melakukan analisis ternyata Posel ASUS ROG Phone 6 Series layak untuk kita pilih sebagai Smartphone Gaming terbaik.
Ponsel Gaming ASUS ROG Phone 6 Series yang bukan cuma produknya saja yang canggih tetapi Layanan dan Fitur pendukung yang mendukung bisa menjadi seorang Gamer Proffesional, 

Rise of the Crowd Ponsel ASUS ROG Phone 6 Series

Meskipun Asus ROG Phone 6 series ini termasuk kedalam Jajaran Smartphone gaming tetapi ponsel ini sangat cocok untuk menemani dalam kegiatan sehari – hari.
Ponsel ini telah berhasil Rise of The Crowd atau ke luar dari ponsel – ponsel gaming kebanyakan. selain produk dari ponsel ini canggih dan performance buas. Fitur dan Layanan dari Asus ROG Phone 6 ini sangat memuaskan.

Fitur unggulan Asus ROG Phone 6 Series:

Fitur Keterangan
Prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform
Display Samsung Amoled Display |165 Hz RefreshRate | 720 Hz Touch Sampling Rate
Cooling system All New 360° CPU Cooling Technology
Aero Active Cooler 6 Thermoelectric AI Cooling System | Aura RGB Ligthing |
Four Physical Button On The Cooler
Battery Monster Battery 6000 mAh | Hypercharge 65W
Kunai ROG Kunai 3 Gamepad (multipel usage, ready to gear up)
Splash Resistant World first IPX4 Splash Resistant Gaming Phone
Game FX Audio GameFX Audio System (Dual front facing stereo system)
Air Trigger 6 Fully Support Various Control Gestures
ROG Vision With 6 scenarios
Aero Active Cooler 6 Four Physical Button On The Cooler with Customizable Aura RGB Lighting

Spesifikasi Lengkap Asus Phone 6 Series*

UMUM
Tahun Rilis 2022
Jaringan 2G, 3G, 4G, 5G
SIM Card Dual SIM (Slot Khusus)
eSIM tidak
BODY
Dimensi 173 x 77 x 10.3 mm
Berat 239 gram
Ketahanan IPX4
Fitur Lain – Tahan Percikan air dari segala sisi
– Lampi iluminasi RGB (bagian belakang)
– Zona Sensitif tekanan (Air Trigger)
LAYAR
Jenis AMOLED
Ukuran 6.78 inci
Refresh Rate 165 Hz
Resolusi 1080 x 2448 Piksel
Rasio 20.4:9
Kerapatan 395 ppi
Proteksi Corning Gorilla Glass Victus
Fitur lain – 1,07 miliar warna
– HDR10+
– Tingkat kecerahan: 800 nit (khas), 1200 nit (Puncak)
HARDWARE
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
CPU Octa-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 & 3×2.75 GHz
Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
GPU Adreno 730
Memori
RAM 8 GB, 12 GB (ROG Phone 6)
18 GB (ROG phone 6 Pro)
Memori Internal 256 GB (ROG Phone 6)
512 (ROG Phone 6 Pro)
Memori Eksternal Tidak ada
Kamera Utama
Jumlah Kamera 3
Konfigurasi 50 MP (wide), f/1.9
13 MP (ultrawide), f/2.2
5 MP (macro),
Fitur PDAF, LED flash, HDR, panorama,
Video: Hingga 8K@24fps, gyro-EIS
Kamera Depan
Jumlah Kamera 1
Konfigurasi 12 MP (Wide),
Fitur Panorama, HDR, Video: 1080p@30fps
Konektivitas
Wlan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band,
Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
Infrared Tidak Ada
NFC Ada
GPS GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NavIC
USB Tipe-C 3.1 (bawah), Tipe-C 2.0 (samping), USB On-The-Go
BATERAI
Jenis Li-po
Kapasitas 6000 mAh
Fitur Pengisian cepat 65W, (klaim 100% dalam 42 menit),
pengisian balik 10W, Power Delivery 3.0, Quick Charge 5
Fitur
OS (Saat Rilis) Android 12
Sensor Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer,
cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
Jack 3.5mm Ada
Warna Phantom Black, Storm White
Fitur Lainnya – Audio resolusi tinggi 32-bit/384kHz
– Speaker stereo dengan dua amplifier
– Konektor aksesori (POGO pin)

Keterangan :
 
* ROG Phone 6 Pro menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan ROG Phone 6. Aadapun perbedaan hanya pada RAM, Memori internal dan desain tampilan.

Writers Note: 
Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien

17 thoughts on “Berpikir Layaknya Investor untuk Berinvestasi Teknologi di Ponsel Gaming Asus ROG Phone 6 Series”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top