7+ Kiat Jangan Takut Menghadapi UTBK/SNBT dan Tentukan Tujuan Sedini Mungkin

Table of Contents

K etika kita masih kecil mungkin rasa takut kita karena hal – hal yang menyeramkan di malam hari. Takut sebenarnya adalah suatu hal lumrah bagi seorang manusia. tinggal kitanya bagaimana menyingkapi rasa ketakutan tersebut. Bahkan, rasa takut bisa berfungsi sebgai mekanisme pertahanan hidup.

Saya juga pernah merasakan gimana gagal sewaktu Sbmptn 2020. Apakah aku kecewa? Pastinya karena dulu punya keinginan yang cukup besar untuk bisa masuk ke UGM tapi apa boleh buat hasil di tahun 2020 tidak menunjukan lulus. terpaksa aku harus mengikuti Sbmptn 2021. yang saya bahas disini adalah kita boleh kecewa dengan hasil sbmptn tapi tidak boleh berlarut – larut.
Apalagi buat anda yang sedang mencoba mengikuti UTBK di 2023 atau istilah sekarang dirubah ke SNBT yang katanya soalnya hanya TPS (Tes Potensi Skolastik). setiap tahun ada hal baru mau  tidak mau anda yang berkeinginan menjadi mahasiswa harus cepat beradaptasi mengenai peraturan ini.
mempelajari pengalaman saya sebelumnya, penting untuk anda membuat suatu kelompok belajar yang fokus untuk SNBT. hal ini dilakukan agar kita bisa sharing dan menghilangkan distraksi. contohnya dulu Aku mempelajari tentang tanda baca nanti kita bisa saling mengajarkan satu sama lain. 
Berikut adalah beberapa Tips Agar anda lebih berani dalam menghadapi UTBK/SNBT, antara lain:

1. Ubah Sudut Pandang

Sudah disebutkan diawal bahwa rasa takut adalah hal lumrah bagi seorang manusia. yang tidak diperbolehkan kita adalah berlarut – larut dirundung ketakutan sehingga kita tidak mengikuti utbk/snbt. dari pada kita merasa begitu lebih baik gunakan tenaga kita untuk mempelajari materi – materi  SNBT.

2. Bermimpilah

Kita boleh kok bermimpi. mumpung bermimpi itu masih gratis hehehe. coba deh tentukan Program studi apa yang kamu inginkan dan kuliah mana yang kalian tuju. diawal jangan pernah berpikir kamu tidak mampu mendaftar di Universitas TOP. tentukan tujuan setinggi mungkin. 

Dengan memiliki mimpi yang Tinggi, maka pikiran akan mencoba mencari strategi yang tepat untuk bisa masuk Perguruan tinggi yang dituju.

3. Berani Bertindak untuk Mewujudkan

Selain bermimpi kita harus bertindak sesuai apa yang telah kita impikan sebelumnya. contohnya kamu punya impian masuk kuliah di ITB, maka kamu harus planning apa saja yang perlu dipersiapkan mulai dari materi pelajaran dan sering untuk berlatih soal – soal UTBK. selain itu kita juga memikirkan strategi yang tepat untuk bisa menaklukan soal UTBK.

Selain kita memilih kampus utama saran dari saya adalah buat alternatif jalur masuk dan universitas. coba deh petakan jalur masuk mana yang teman – teman pilih. kegagalan saya sewaktu 2020 dikarenakan kurang memetakan jalur masuk universitas sehingga saya hanya mengambil sbmptn pada tahun 2020.

4. Fokus ke Diri Sendiri

Saya pernah membaca sebuah buku yang berjudul Filosofi Teras karya Henry Jamnapiring. Pada buku tersebut dibahas mengenai Dikotomi Kendali.

Apa Itu Dikotomi Kendali?

Dikotomi kendali artinya kita mengelompokkan segala hal dalam kehidupan menjadi dua, yaitu hal-hal yang dapat kita kendalikan dan tidak bisa kita kendalikan.

Semisal kita ingin memilih ITB apabila kita jabarkan kedalam Dikotomi Kendali sebagai berikut:

Dibawah kendali Kita:

  1. Latihan Soal
  2. Belajar Materi SNBT
  3. Memilih Teman Belajar
  4. Memilih Platform Belajar yang terbaik
  5. Memilih Teknik Belajar sesuai dengan Kesukaan Kita

Diluar kendali Kita

  1. Persaingan di Perguruan Tinggi Negeri
  2. Soal Sulit di SNBT/UTBK
  3. Tiba – Tiba Cuaca tidak mendukung sewaktu Test UTBK
Dengan Berpikir Dikotomi Kendali kita akan lebih mudah memilah dan memilih mana yang perlu kita pikirkan dan mana yang cuma membebani akal pikiran kita.

5. Lihat dan Cermati Aturan Mainnya

Pahami alur secara cemat mengenai Test SNBT dari awal pendaftara atau bahkan ketika sosialisasi awal yang biasanya dimulai ketika bulan november – desember. catat beberapa tanggal penting dengan begitu kalian punya guideline yang jelas terkait tanggal – tanggal penting.

Selain itu siapkan juga apa saja yang perlu dibawa ketika test dan berkas – berkas apa saja yang dibutuhkan dengan mengerti hal – hal tersebut kita akan lebih lancar dalam mengikuti tes SNBT. Selain itu kamu juga minimal tahu jalur masuk mana saja yang ada di PTN.

Karena biasanya kouta dari masing – masing jalur masuk berbeda contohnya pada tahun kemarin UGM mengeluarkan jalur mandiri yang memiliki Kouta sebesar 40% dengan mengerti hal ini kamu akan punya peluang besar untuk masuk di Program Studi yang kamu pilih.

6. Sesuaikan Jurusan dan Prodi dengan Passion

Untuk kamu yang sudah duduk di SMA, MA atau SMK penting untuk kamu untuk segera mencari apa sih bidang yang menjadi impian kamu ke depan? kamu bisa mulai mencari di internet atau juga bisa berkonsultasikan kepada BK teman – teman disekolah.

Jangan pernah memilih jurusan karena ikut – ikutan teman, ini sangat berbahaya karena akan berpotensi kepada salah jurusan. sehingga kamu dalam memilih jurusan mulai berpikir realistis dan coba mendiskusikan dengan orang tua, teman dan saudara kamu yang sudah punya pengalaman.

7. Hindari Overthinking

Kita semua tahu bahwa Persaingan di UTBK itu cukup ketat karena persaingan bukan cuma satu sekolah melainkan dari berbagai sekolah. tetapi  sebenarnya persaingan terbaik adalah pada diri sendiri bagaimana caranya memaksimalkan potensi diri agar bisa lolos di utbk adalah suatu hal yang sangat penting disini.

Menjaga pemikiran dan perasaan tetap positif diharapkan akan membuat pelajar tetap tenang dan fokus dalam menghadapi dan menjalani ujian.

Berhubungan dengan  Kiat untuk jangan takut menghadapi UTBK/SNBT adalah dengan mengikuti Bimbel utbk snbt dari Ruangguru

Bimbel persiapan UTBK/SNBT Lewat Ruangguru UTBK

Ruangguru menjadi platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kegiatan belajar dan pembelajaran siswa di luar sekolah yang menggunakan media Aplikasi Mobile (Android & iOS).

Ruangguru menyediakan video pembelajaran yang dibawakan Guru – guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang disampaikan.

Kenapa perlu langganan Ruangguru untuk menghadapi UTBK/SNBT?

1. Materi yang cukup lengkap untuk UTBK

Kamu bisa menggunakan aplikasi UTBK center yang ada di ruangguru yang didalamnya terdapat fitur strategi belajar, belajar materi, latihan soal, hingga tes dan evaluasi.

Strategi dasar:

  • Strategi belajar umum dan mata pelajaran
  • Persebaran materi
  • Info Kampus dan prodi dengan target nilai penerimaan UTBK 
  • Tes Minat Bakat
Latihan Soal :
  • Ratusan ribu soal di Banksoal
  • Latihan dengan bab dan jumlah soal sesuai keinginan Drill Soal
Belajar Materi :
  • Pendalaman Materi 
  • Video Bedah Tipe Soal UTBK
  • Live Teaching
Try Out :
  • Try Out Setiap minggu
  • Analisis peluang lolos UTBK
  • Analisis pemahaman Materi

2. Beragam Produk Ruangguru Persiapan UTBK

Ruangguru sendiri menyediakan beragam produk  yang bisa kamu coba untuk membantu dalam persiapan UTBK/SNBT, seperti:

  • Ruangbelajar
  • Brain Academy Online
  • Ruangguru Privat
  • Ruang uji
Dengan kamu mencoba salah satu platform di ruangguru kamu bisa mempersiapkan tes kamu dengan sedini mungkin. sehingga peluang lolos masuk PTN menjadi lebih lebar.

3. Fasilitas Unggulan yang menunjang untuk Belajar

Pada setiap platform produk – produk ruangguru memiliki berbagai fasilitas.misalnya seperti:

  • ruangbelajar

Terdapat beberapa keunggulan misalnya:

  1. Strategi umum
  2. Pembahasan soal 8 tahun Terakhir
  3. Prediksi Soal UTBK 2023
  4. Konsep Kilat
  5. Bedah Tipe Soal
  • Brain Academy
Terdapat beberapa keunggulan pada Brain Academy di antaranya:
  1. 200+ jam Live Teaching persiapan UTBK
  2. 25.000+ Video belajar SMA dan persiapan UTBK
  3. 9000+ soal latihan dan pembahasan UTBK
  4. 10+ tryout UTBK dengan prediksi peluang kelulusan
  5. Tes Minat dan Bakat serta layanan konseling
  • Ruangguru Privat
Terdapat beberapa keunggulan pada ruangguru privat di antaranya:
  1.  Les Privat ekslusif dengan pengajar terbaik lulusan universitas terkemuka
  2. Bebas atur sesi, jadwal, dan kriteria pengajar yang kamu mau
  3. Tersedia les privat untuk segala jenis mata pelajaran yang diujikan di UTBK
  • Ruanguji
Terdapat beberapa keunggulan pada ruanguji di antaranya:
  1. Soal mirip dengan UTBK sebenarnya
  2. Pembahasan soal setelah try out
  3. Penilaian sistem IRT
  4. analisis peluang diterima di jurusan pilihan

Kode Mitra Ruangguru

Apakah Masih Terlalu mahal saat berlangganan UTBK/SNBT di Ruangguru?

Jika iya admin kasih Tips buat kamu bisa berlangganan ruang belajar secara lebih murah ya. Esklusif khusus untuk website ini Gunakan “PELAJARPRESTASI” Sewaktu mendaftar pertama kali English Academy kamu akan mendapatkan potongan hingga 62%. bagaimana mantep bukan?

Kamu juga bisa lho menggukana kode “PELAJARPRESTASI” di semua platform Ruangguru kamu akan mendapatkan tawaran harga yang menarik karena akan mendapatkan diskon.

Kamu juga bisa ajak teman, kerabat dan saudara untuk menggunakan kode diskon ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top