5 faktor yang mengakibatkan Terjadinya Erosi Tanah

zetsu13– hallo semua bagaimana kabarnya mudahan baik- baik saja , kali ini saya akan membicarakan tentang bencana erosi atau lebih tepatnya sih faktor yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor, sedikit curhat saya sedih kalau mendengar bencana yah mungkin karena bencana dapat merenggut nyawa seseorang 🙁 kalau menurut kalian bagaimana ?  tuliskan tanggapan anda di komentar 🙂

Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi erosi adalah iklim, tanah, topografi, vegetasi, dan campur tangan manusia.

a) Iklim

Faktor iklim yang besar pengaruhnya terhadap erosi tanah adalah hujan. Tenaga yang dimiliki oleh butir-butir hujan mengikis permukaan tanah, kemudian dihanyutkan melalui aliran permukaan. Tingkat erosi tanah yang dihasilkan bergantung pada jumlah dan intensitas curah hujan.

b) Tanah

gambar tanah

Faktor tanah yang mempengaruhi erosi adalah sebagai berikut.

(1) Tekstur tanah, yaitu perbandingan antara jenis liat, lempung, dan pasu.
(2) Struktur tanah, yaitu susunan butir-butir tanah yang terdiri dari liat, lempung, dan pasir.
(3) Infiltrasi, yaitu proses masuknya atau meresapnya air ke dalam tanah melalui permukaan tanah secara vertikal.
(4) Kandungan bahan organik, yaitu banyaknya bahan organik dan humus sehingga menentukan struktur tanah dan daya tahan air tanah.

d) Vegetasi

Vegetasi penutup lahan antara lain berfungsi menahan jatuhnya air hujan langsung ke tanah dan menahan kecepatan aliran permukaan.

e) Campur Tangan Manusia

Kegiatan manusia yang kurang bijaksana dalam mengelola hutan dan mengolah lahan berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan, terutama terjadinya erosi. Penebangan hutan secara liar merupakan contoh yang sangat umum hingga saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top